Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi sebaiknya dilakukan sejak dini karena hal ini dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan, bahkan dapat mempertahankan daya ingat.

Beberapa keuntungan tambahan yang dapat diperoleh dengan menjaga kesehatan mulut dan gigi, diantaranya adalah:

1. Mengurangi resiko infeksi pada tubuh
Hasil penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara penyakit gusi dan rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis, merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi.

2. Menurunkan resiko penyakit jantung
Banyak penelitian membuktikan bahwa peradangan kronis pada mulut dan gusi dapat memicu masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, dan stroke.

3. Membantu menstabilkan kadar gula darah
Beberapa ahli menyatakan bahwa diabetes dapat membuat seseorang kurang mampu melawan infeksi, termasuk infeksi mulut dan gusi. Menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan dapat membantu mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes.

4. Mencegah kelahiran prematur
Beberapa penelitian menunjukkan hubungan, meskipun jarang, antara penyakit gusi dan kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

5. Meningkatkan kepercayaan diri
Penyakit gusi dan gigi menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, sehingga dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

6. Mempertahankan daya ingat
Menurut penelitian yang ditulis dalam Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry, orang dewasa dengan radang pada gusi (gingivitis) menunjukkan hasil yang buruk pada tes daya ingat dan kemampuan kognitif lain dibandingkan dengan mereka yang memiliki gusi yang sehat.

Pastikan menyikat gigi 2 kali sehari, flossing sekali sehari, dan menggunakan obat kumur atau pasta gigi antibakteri untuk mencegah bakteri di mulut yang dapat menyebabkan penyakit gigi dan gusi.