Memiliki organ intim yang sehat dan kuat bagi seorang pria adalah suatu kebanggaan tersendiri, karenanya mereka akan berusaha keras untuk menjaganya agar tetap sehat.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat penis tetap sehat dan kuat:
1. Banyak jalan kaki
Sebuah studi menunjukkan bahwa pria yang berjalan sekitar 2 mil per hari mengurangi risiko masalah ereksi sebanyak 50 persen dibandingkan dengan pria yang kurang jalan.

2. Istirahat cukup
Setiap malam saat pria tidur, kemaluannya akan “bangun” dan mengalami ereksi 3 hingga 5 jam. Ereksi malam (nocturnal erection) tersebut akan membuat penis kembali bertenaga dan sehat karena darah teroksigenasi. Semakin banyak nocturnal erection, jaringan ereksi semakin fleksibel, sehingga membantu pria tetap bugar.

3. Menurunkan berat badan
Obesitas sangat erat hubungannya dengan rendahnya kadar testosteron, diabetes, dan tekanan darah tinggi yang kesemuanya itu memicu terjadinya disfungsi seksual.

4. Stop merokok
Penelitian menunjukkan bahwa merokok dapat mempengaruhi ukuran ereksi, di mana pria perokok memiliki penis yang lebih kecil dibandingkan non perokok. Merokok juga dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan jaringan penis menjadi kurang elastis.

5. Menguap
Oksida nitrat adalah bahan kima tubuh yang bekerja dalam proses menguap dan ereksi. Oksida Nitrat dilepaskan oleh otak ke neuron yang mengendalikan pernapasan mulut, atau turun ke sumsum tulang belakang, lalu ke pembuluh darah yang memompa darah beroksigen ke penis. Kadang oksida nitrat melakukan perjalanan sekaligus dua arah, sehingga membuat pria ereksi saat sedang menguap.

6. Hati-hati dalam bercinta
Posisi bercinta yang berisiko dapat menyebabkan pecahnya corpora cavernosa, yaitu ruang ereksi yang membuat penis memanjang. Pecahnya corpora cavernosa dapat menyebabkan pendarahan internal.

7. Monogami
Selain terhindar dari penyakit menular seksual, monogami juga membuat pria bebas dari kecemasan dan perasaan bersalah yang dapat membunuh ereksi.