Diet sudah merupakan gaya hidup bagi sebagian besar penduduk dunia. Ada berbagai macam cara dan program yang ditawarkan untuk menurunkan berat badan. Namun demikian pada prakteknya banyak kesalahan umum tentang diet dan nutrisi yang justru akan membuat diet anda gagal.

1. Diet yang tidak sesuai gaya hidup
Memiliki keinginan untuk makan sehat dan menurunkan berat badan tentu sangat baik. Tapi, Jika tidak ditangani dengan sikap proaktif dan personal, maka diet dengan tujuan yang paling bagus pun bisa berujung pada kegagalan.

2. Terlalu banyak larangan
Membuat daftar makanan yang tidak boleh dimakan bisa dibilang merupakan gaya diet tertua di dunia. Padahal yang penting adalah kandungan nutrisi yang seimbang dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

3. Sama sekali tidak mengkonsumsi lemak
Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa mengkonsumsi sedikit lemak sehat (terutama lemak jenuh tunggal), yang dikombinasikan dengan diet tinggi serat dan protein, dapat membantu anda menurunkan berat badan.

4. “Amnesia”
Anda mungkin terlalu ketat menjaga menu utama namun “amnesia” terhadap kalori yang masuk dari camilan yang anda makan. Terlalu banyak gigitan kecil jika dikumpulkan bisa sama dengan satu kali makan lengkap jika anda tidak hati-hati.

5. Menahan rasa lapar
Lapar itu normal, karena itu daripada menyangkal “panggilan tubuh” ini rencanakan waktu anda agar makan tepat pada waktunya. Sebab jika tidak, anda cenderung untuk kehilangan kontrol dan makan berlebihan.

6. Menjadi vegetarian?
Banyak yang menganggap menjadi vegetarian adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Padahal kuncinya adalah mengontrol lemak dan kalori yang masuk, serta aktivitas fisik teratur.

Para “vegetarian instan” justru bertambah berat badannya karena mereka mengganti daging dengan seporsi besar mie, nasi, atau kue. Padahal semua makanan tersebut memiliki kandungan kalori yang hampir sama besar dengan daging, malah tidak mengandung protein yang membuat Anda lebih bertenaga.