Pada umumnya buah-buahan dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan dan program diet. Namun harus diingat pula bahwa mengkonsumsi buah yang mengandung kadar gula tinggi justru akan menghambat program diet anda.

Berikut buah-buahan yang sebaiknya dibatasi saat anda sedang menjalani program diet.

Semangka
Meskipun semangka kaya akan air dan serat, namun semangka mempunyai kadar gula tinggi (skala indeks glikemik = 72). Cobalah mengganti semangka dengan jeruk, stroberi, atau pir yang memiliki skor glikemik di bawah 40.

Nanas
Rasanya yang manis membuat nanas termasuk buah yang harus dibatasi saat sedang diet (indeks glikemik = 66). Gantilah nanas dengan buah persik (indeks = 42) atau apel (indeks = 40).

Leci
Buah yang berasal dari negeri Cina ini mempunyai nilai indeks glikemik cukup tinggi, yaitu 70. Gantilah buah leci dengan black cherry yang hanya memiliki indeks glikemik 22.

Kurma
Buah kurma kering memiliki kadar gula paling tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya (indeks glikemik = 103). Bahkan lebih tinggi dari glukosa murni (100). Sebaiknya gantilah kurma dengan aprikot kering yang memiliki indeks glikemik 50.