Banyak diantara anda mungkin tidak terlalu suka dengan sayuran. Hal ini mungkin karena anda telah terbiasa makan tanpa sayur atau karena rasa asli sayuran memang tidak seenak daging bila tanpa diolah dengan bumbu.

Namun tahukah anda bahwa di dalam sayuran terdapat phytochemicals (zat yang hanya dapat ditemui pada sayur dan buah) yang ampuh menurunkankan risiko penyakit kronis dan kanker. Makan banyak sayuran dan buah-buahan juga merupakan cara ideal untuk menurunkan berat badan secara natural. Selain rendah kalori dan rendah lemak, serat dalam sayuran bisa mengenyangkan perut. Sayuran juga membuat kerja peristaltik usus lebih baik, sehingga memudahkan buang air besar.

Ada tiga proses yang terjadi di dalam tubuh, yaitu pembakaran (tenaga), pembangunan (pertumbuhan) dan pengaturan. Untuk mendapatkan tenaga, tubuh memerlukan hidrat arang, lemak dan protein. Sedangkan untuk tumbuh dan berkembang diperlukan protein dan air. Dan untuk mengatur supaya semua proses ini terjadi harus ada vitamin dan mineral yang didapat dari sayur dan buah. Itulah mengapa sayur sangat penting bagi tubuh, karena ada zat-zat tertentu yang hanya bisa diperoleh lewat sayur. Pada daging juga terdapat vitamin dan mineral, namun jumlahnya hanya sedikit.

Berikut beberapa tips agar anda lebih suka dengan sayuran.

  • Olah sesuai dengan yang anda suka. Bisa direbus, ditumis, dimasak dengan microwave atau dimakan mentah. Namun perlu diingat bahwa jangan memasak sayuran terlalu lama karena kandungan vitamin dan mineralnya akan hilang.
  • Sajikan dengan menarik. Sayuran bisa dimasak menjadi sup, pizza, pastel atau lasagna.
  • Sajikan dalam bentuk salad atau gado-gado dengan ditambah bahan lain yang anda suka.
  • Kombinasi sayuran anda dengan buah agar rasanya lebih bervariasi. Memang buah lebih banyak mengandung vitamin, tapi kurang serat dan mineral.