Baru-baru ini para peneliti dari Department of Veterinary and Medical Sciences Penn State menemukan sebuah senyawa baru bernama Delta 12-Protaglandin J3 atau D12-PGJ3 yang dapat membunuh chronic myelogenous leukemia (CML), sel-sel batang leukemia.

Senyawa D12-PGJ3 ini terdapat pada omega-3 yang terkandung pada ikan dan minyak ikan. Secara khusus, D12-PGJ3 juga mengaktifkan gen dalam sel induk leukemia tersebut untuk memprogram kematian sel itu sendiri.

Hal ini tentu saja sangat menggembirakan karena terapi pengobatan leukemia yang ada sekarang hanya untuk memperpanjang hidup pasien dengan mengontrol jumlah sel-sel leukemia agar tetap rendah, tidak dapat membunuh sel-sel induk kankernya.

Penelitian dilakukan pada sekelompok tikus yang di dalam tubuhnya mengandung sel-sel penyebab leukemia. Tikus-tikus tersebut diobati dengan minyak ikan dan ditemukan bahwa senyawa yang terdapat dalam minyak ikan tersebut dapat membunuh sel induk leukemia dalam limpa dan sumsum tulang. Tikus-tikus tersebut pun terbebas dari sel-sel leukemia tanpa ada dugaan akan mengalami kekambuhan.

Para peneliti saat ini sedang berusaha mematenkan penelitian ini dan menguji efektivitas senyawa D12-PGJ3 pada manusia.