Sakit kepala adalah penyakit yang pasti pernah diderita oleh semua orang. Mulai dari sakit kepala ringan, migrain, hingga sakit kepala berat. Sakit kepala sangat mengganggu aktivitas sehari-hari bila tidak segera ditangani.

Mulai sekarang cari tahu apa penyebab sakit kepala itu dan mulailah serius untuk menghentikan sakit yang sangat mengganggu ini. Berikut 10 langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko sakit kepala:

1. Kurangi stres
Anda mungkin tidak dapat menghindari stres, namun anda dapat menguranginya. Lakukan relaksasi dengan memutar kaset berirama pelan, pijat, atau berendam dengan aromaterapi.

2. Makan secara teratur
Makanlah secara teratur dengan nutrisi yang kaya akan karbohidrat dan vitamin, namun rendah lemak. Dan jangan lupa untuk banyak mengkonsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi.

3. Kenali pemicunya
Anda dapat mencatat mengapa anda sakit kepala pada hari itu. Mulai dari apa yang anda makan, sampai dengan apa yang anda kerjakan karena beberapa makanan dapat memicu sakit kepala. Setelah tahu apa yang menjadi pemicu sakit kepala, anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menghindarinya.

4. Jaga mata anda
Terlalu lama di depan komputer dan televisi juga dapat menimbulkan mata lelah dan memicu sakit kepala.

5. Biasakan posisi badan tegak
Posisi badan yang salah pada saat duduk atau melakukan aktivitas dapat menimbulkan kekakuan pada otot, leher dan bahu yang kemudian memicu pada ketegangan di kepala.

6. Tidur teratur
Tidurlah paling tidak 8 jam sehari agar tubuh mendapatkan kesempatan untuk mengganti sel-sel yang telah rusak atau mati.

7. Hindari ketergantungan obat
Bila anda telah minum obat sakit kepala dosis tinggi 2-3 kali seminggu namun sakit kepala anda masih sering muncul, lebih baik konsultasikan dengan dokter anda.

8. Stop merokok
Merokok merupakan faktor resiko untuk beberapa jenis sakit kepala. Bahkan asap rokok dapat memicu sakit kepala bagi beberapa orang.

9. Olahraga secara teratur
Dengan berolahraga, racun-racun dan zat-zat sisa dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui keringat.

10. Batasi konsumsi alkohol
Bir dan anggur merah ataupun minuman keras tradisional seperti arak, dan sejenisnya dapat memicu sakit kepala bagi banyak orang.