Berat badan berlebih (obesitas) selain sangat mengganggu dalam hal penampilan, juga merupakan faktor resiko bagi timbulnya beberapa gangguan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, jantung, stroke, diabetes, bahkan kanker.

Berikut tips menurunkan berat badan dari beberapa negara yang mungkin berguna bagi anda:

1. Inggris, tidak ada porsi jumbo
Restoran-restoran cepat saji di Inggris menyediakan menu hanya dalam satu pilihan ukuran. Tidak ada pilihan menu ekonomis atau jumbo.

2. Jerman, tidak pernah melewatkan sarapan
Hampir semua masyarakat Jerman selalu sarapan tiap pagi. Dengan sarapan akan menghindari seseorang untuk makan berlebihan di siang hari atau di sela-sela jam kerja.

3. Belanda, tiada hari tanpa sepeda
Penduduk Belanda lebih suka menggunakan sepeda untuk bepergian, bahkan ke kantor. Mengayuh sepeda dengan kecepatan sedang diperkirakan bisa membakar 550 kalori per jam. Masyarakat Belanda juga terbiasa mengkonsumsi Ikan herring sebagai cemilan tanpa tambahan apapun atau dimakan mentah bersama dengan roti lembut dan acar. Ikan ini mengandung banyak asam lemak omega-3 yang bisa mengurangi hormon stres kortisol. Hormon ini dikenal bisa meningkatkan jumlah lemak yang disimpan.

4. Indonesia, melakukan puasa
Puasa secara teratur dan periodik dapat membantu mengurangi berat badan, namun harus tetap memperhatikan asupan kalori yang masuk dan keluar sehingga tidak ada penumpukan kalori berlebihan di tubuh.

5. Thailand, banyak menggunakan rempah-rempah
Makanan Thailand terkenal banyak menggunakan rempah-rempah dan cukup pedas. Makanan pedas menjadi cara mudah untuk menurunkan berat badan.

6. Brazil, nasi dan kacang-kacangan
Hidangan tradisional Brazil yang banyak mengandung kacang dapat menurunkan resiko kelebihan berat badan sekitar 14 persen karena rendah lemak dan tinggi serat.

7. Rusia, menanam buah dan sayur sendiri
Hampir semua masyarakat di Rusia menanam buah dan sayuran sendiri di halaman rumahnya. Hal ini membuat penduduk Rusia selalu terjaga asupan vitaminnya dan mencegah dari kegemukan.

8. Hongaria, gemar makan acar
Penduduk Hongaria gemar mengkonsumsi acar dari mentimun, paprika, kubis dan tomat yang bisa mencegah kelebihan berat badan, asalkan asam asetat (cuka) yang digunakan tidak berlebihan.

9. Malaysia, gemar mengkonsumsi kunyit
Makanan dari Malaysia banyak menggunakan kunyit yang diketahui mengandung curcumin (berpotensi membakar lemak). Studi dari Tufts University menemukan mengkonsumsi sejumlah kecil curcumin bisa mencegah bertambahnya berat badan saat mengkonsumsi makanan tinggi lemak.

10. Norwegia, jalan-jalan setiap minggu
Pada hari minggu, semua penduduk Norwegia mulai dari batita sampai lansia keluar rumah untuk berjalan kaki di musim panas atau bermain ski di musim dingin, sehingga bisa membantu membakar kalori dan meningkatkan aktivitas fisik.

11. Swiss, mengkonsumsi semangkuk muesli
Muesli adalah bubur atau sereal yang terbuat dari gandum, buah dan kacang-kacangan sehingga baik untuk mengontrol berat badan. Serat dalam muesli lebih lambat dicerna sehingga membuat rasa kenyang lebih lama dan baik untuk sarapan atau cemilan malam yang sehat.