Payudara yang besar dan indah pasti menjadi dambaan bagi sebagian besar wanita. Segala macam cara wanita lakukan untuk memperindah payudaranya, termasuk operasi pemasangan implan yang resikonya sangat besar bagi kesehatan, bahkan dapat menyebabkan kanker (beritanya dapat dilihat di sini).

Sebenarnya ada beberapa cara alami yang aman dan sehat untuk memperbesar payudara dan membentuknya. Berikut beberapa diantaranya:

1. Susu
Susu sapi mengandung estrogen alami, progesteron dan prolaktin, yang penting untuk produksi susu pada mamalia. Susu juga dapat berkontribusi untuk pertumbuhan jaringan payudara.

2. Tempe
Produk kedelai dapat memperbesar payudara, diantaranya tempe. Tempe memiliki senyawa seperti genistein dan daidzein, bagian dari kelas molekul yang disebut isoflavon, yakni senyawa mirip estrogen yang dapat mempengaruhi hormon-hormon dalam tubuh wanita.

3. Adas
Adas digunakan sebagai sayuran dan rempah-rempah yang banyak tumbuh di wilayah timur Mediterania. Menurut Journal of Ethnopharmacology, adas mengandung senyawa obat dianethole dan photoanethole, yang dapat mengubah kadar estrogen dalam tubuh manusia.

4. Akar manis (licorice)
Akar licorice dapat meningkatkan kadar prolaktin dan estrogen, dua hormon yang terkait dengan pertumbuhan payudara.

5. Pijat payudara
Melakukan pijat payudara secara teratur bisa meningkatkan ukuran payudara. Hal ini karena pijat memiliki kemampuan untuk merangsang aliran darah.

6. Latihan otot dada, perut, punggung, dan bahu
Latihan otot dada dapat meningkatkan ukuran payudara dengan meningkatkan ukuran otot pendukungnya, sehingga tampak lebih besar. Misalnya dengan melakukan push-up teratur setiap hari.

Latihan yang memperkecil perut, punggung dan otot bahu dapat membuat payudara tampak lebih busung dan naik.