Game saat ini sudah mewabah di hampir seluruh dunia dengan pecinta game dari umur balita hingga kakek-nenek. Game juga dapat dimainkan dengan berbagai macam alat dan cara, mulai dari PC, Playstation, Nintendo, Xbox, ataupun yang portable.

Namun game juga membawa efek buruk bagi kesehatan, khususnya kesehatan anak. Menurut penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh Wing South West mengungkapkan bahwa anak-anak yang kecanduan bermain game hingga larut malam cenderung akan tumbuh seperti zombie.

Dalam hal ini bukan melakukan hal-hal ekstrim seperti zombie, namun kondisi tubuh anak akan terlihat sangat lelah dan “kusut” dengan mata terlihat suram karena kurang tidur setelah bermain game semalaman. Mereka tidak bisa konsentrasi dalam pelajaran dan lebih memilih untuk tertidur.

Hal lain yang menjadi keprihatinan para peneliti adalah berkurangnya kemampuan sosialisasi. Anak-anak yang kecanduan game akan kehilangan empati atau kepekaan sosial, sehingga makin mirip dengan zombie atau mayat hidup dalam film-film horor.

Terlalu lama bermain game juga dapat memicu resiko gangguan kesehatan, seperti jantung, obesitas, dan diabetes karena kurangnya kegiatan fisik.