Bahan makanan alami yang dapat anda temukan di sekitar anda memiliki berbagai macam nutrisi yang tidak hanya berguna untuk kesehatan, namun juga dapat melangsingkan tubuh anda. Di bawah ini terdapat 4 bahan makanan penuh nutrisi dari alam yang tidak banyak orang mengetahuinya.

Susu Kambing
Susu kambing atau keju yang terbuat dari susu kambing, dapat membantu tubuh menyerap zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium lebih baik dibanding susu sapi. Hal ini telah diteliti oleh University of Granada, Spanyol. Selain itu susu kambing juga bermanfaat bagi perlindungan tulang dan mencegah anemia.

Madu Manuka
Madu Manuka berasal dari Bunga Manuka yang hanya tumbuh di Selandia Baru. Madu ini diketahui mengandung metilglioksal pangan (MGO), senyawa yang terbukti memiliki kekuatan antibiotik alami yang efektif membunuh bakteri patogen penyebab penyakit. Itu terungkap dari hasil penelitian Institut Kimia Pangan, Universitas Dresden, Jerman. Sebenarnya MGO juga ditemukan pada produk olahan susu, produk fermentasi, dan kopi yang disangrai. Namun, kandungan tertinggi ada pada madu manuka, yaitu 100-900 mg/kg.

Tomat Ungu
Tomat ungu merupakan hasil penyilangan antara tomat dengan gen bunga snapdragon atau Antirrhinum majus. Mengandung banyak pigmen anthocyanin, jenis antioksidan yang juga ditemukan pada berbagai jenis berry berwarna gelap, seperti blackberry dan cranberry.

Lemak Tak Jenuh
Menurut penelitian yang telah dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicine membuktikan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak tak jenuh ternyata lebih sehat dan lebih langsing dibandingkan mereka yang rutin mengonsumsi makanan rendah lemak. Sumber lemak tak jenuh dapat anda jumpai pada ikan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.