Tekanan darah tinggi bila tidak segera ditangani akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Selain olahraga teratur dan menjaga pola makan, penelitian menunjukkan beberapa minuman sehat dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut beberapa diantaranya:

1. Teh Hitam
Di dalam tanaman teh mengandung flavanoid, yaitu senyawa yang bagus sekali untuk kesehatan jantung dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Jus Jeruk
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Medical School di London membuktikan bahwa efek dari sitrat kalium yang ditemukan dalam pisang dan buah jeruk efektif dalam menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi tahap 1.

3. Jus Bayam
Penelitian dari Policlinico di Modena, Italia, mengungkap pengaruh folat pada tekanan darah wanita menopause. Peserta menerima 15 mg folat selama tiga minggu dan mengalami penurunan yang signifikan pada tekanan darah mereka. Folat dapat ditemukan pada bayam dan brokoli.

4. Susu rendah lemak
Susu rendah lemak yang kaya akan vitamin D, kalium, dan kalsium merupakan minuman yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

5. Jus buah bit
Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Barts and London Medical School dan Queen Mary University of London menunjukkan minum jus bit dapat menurunkan tekanan darah. Ini karena buah bit mengandung nitrat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.