Bagi anda yang hobi berenang, sebaiknya lakukan terus hobi anda tersebut, karena menurut penelitian dari University of Texas di Austin mengungkapkan bahwa berenang dapat menurunkan tekanan darah hingga 9 poin bila dilakukan secara teratur selama 3 bulan.

Penelitian ini telah diterbitkan dalam American Journal of Cardiology dengan melibatkan 43 orang dewasa dengan usia rata-rata 60 tahun yang memiliki tekanan darah tinggi atau pra-hipertensi tapi masih dalam kondisi yang sehat.

Tekanan darah yang normal tidak melebihi angka 120/80 mm. Angka 140/90 mm atau lebih tinggi dikategorikan dalam tekanan darah tinggi, dan di antara kedua angka tersebut dianggap sebagai “pra hipertensi”.

Para peserta dibagi dalam dua kelompok, yang pertama melakukan renang, dan yang kedua melakukan latihan relaksasi. Selama 12 minggu, kelompok berenang melakukan renang sebanyak tiga atau empat kali dalam seminggu secara bertahap.

Dia akhir penelitian, kelompok berenang berhasil mengurangi tekanan darah sistolik-nya (angka di bagian atas pembacaan tekanan darah) dengan rata-rata sembilan angka. Sedangkan untuk kelompok relaksasi tidak berubah.

Peneliti juga menggunakan tes USG untuk mengukur sejauh apa pelebaran pembuluh darah peserta dalam merespons perubahan aliran darah. Sekali lagi, peneliti kembali menemukan perbaikan dalam kelompok berenang, tapi hasilnya nihil dalam kelompok relaksasi.