Bagi seorang wanita, perut buncit merupakan masalah tersendiri. Semua wanita menginginkan perut ramping dan sexy. Ada yang melakukan situp tiap pagi, atau crunches, atau mungkin dengan lari pagi.

Namun usaha-usaha tersebut akan sia-sia bila tidak diikuti dengan pengaturan pola makan yang baik. Makanan yang anda konsumsi sama pentingnya dengan banyaknya latihan yang anda lakukan. Menurut penelitian ada beberapa makanan yang dapat bikin langsing.

Berikut beberapa tips untuk anda menjadi langsing dalam waktu 4 minggu.

Tips 1: Makan sedikit saat malam hari
Penelitian membuktikan mereka yang melewatkan sarapan atau makan siang, akan makan dengan porsi yang lebih besar pada malam hari. Hal ini akan menyebabkan metabolisme tubuh terganggu. Dengan makan ringan pada malam hari anda memperoleh dua manfaat sekaligus, bangun tidur dengan perut yang lebih rata, dan anda memiliki nafsu makan yang lebih baik di pagi hari.

Makanlah dua per tiga kebutuhan kalori anda tiap hari sebelum makan malam karena kalori dibutuhkan pada saat anda aktif, bukan pada malam hari saat irama tubuh anda menurun.

Apabila anda merasa lapar pada malam hari atau memenuhi undangan, pilihlah buah, sayuran dan makanan lain yang rendah lemak, kalori, dan garam.

Tips 2: Pilihlah karbohidrat berkualitas
Jangan mengkonsumsi karbohidrat kurang dan 45% (202 gram), atau diatas 65% (292 gram) kebutuhan karbohidrat per hari. Karbohidrat yang dikonsumsi akan terurai menjadi glukosa kemudian disimpan sebagai glikogen di otot dan organ hati, di mana glikogen itu sendiri akan menyerap air yang beratnya tiga kali lipatnya. Jadi apabila pola makan Anda terlalu tinggi karbohidrat, tubuh akan menyimpan air.

Hindari makanan tinggi karbohidrat namun kosong gizi seperti fast food, camilan dari tepung (kerupuk, pangsit goreng, dsb), kue, dan permen. Makanan ini tinggi kandungan karbohidrat sederhana dan sodium (garam), namun miskin serat dan nutrisi.

Untuk hasil yang terbaik, makanlah setidaknya 3-5 porsi sayur (15-25 gram karbohidrat), 2-4 porsi buah (30-60 gram karbohidrat), dan sekitar 1 cangkir nasi atau 2 potong roti gandum setiap kali makan,

Tips 3: Makan banyak serat
Untuk menghilangkan lemak dan memperoleh perut yang kencang dan rata, anda perlu mengkonsumsi setidaknya 25 gram serat setiap harinya. Makanan kaya serat seperti buah dan sayuran lebih sedikit rnengandung kalori dalam berat yang sama, karenanya serat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Tips 4: Banyak minum air putih
Minum banyak air putih dapat “membilas” sodium dari tubuh, dan mengurangi perut kembung. Minumlah lebih dari 8 gelas air putih sehari. Hindari minuman bersoda atau sup yang mengandung banyak garam. Anda dapat memenuhi kebutuhan air apabila mengkonsumsi makanan berair seperti buah dan sayuran.

Tips 5: Batasi garam
Garam mungkin memiliki reputasi yang buruk, tetapi ia juga berperan penting dalam mengatur cairan tubuh dan tekanan darah, transmisi saraf, fungsi otot, dan penyerapan nutrisi penting. Sayangnya, kelebihan garam sedikit saja dapat menyebabkan perut kembung. Rata-rata wanita membutuhkan 500 miligram garam sehari. Hindari konsumsi garam lebih dari 2400 mg atau sekitar satu sendok teh garam per hari. Daripada memesan kentang goreng (265 mg garam), pilih kentang panggang (8 mg garam). Daripada acar mentimun (1730 mg garam), pilihlah mentimun segar (6 mg garam).

Tips 6: Bersahabat dengan stress
Stress mungkin tidak dapat anda hindari, namun anda dapat mengontrolnya. Penelitian menunjukkan bahwa stres memicu hormon kortisol yang menimbulkan nafsu makan dan simpanan lemak di organ-organ sekitar perut. Saat anda merasakan stress semakin meningkat, ambil beberapa saat untuk menarik napas dalam-dalam. Coba pula beberapa teknik relaksasi yang mudah dilakukan kapan saja. Jangan lupa untuk berolahraga secara teratur karena olahraga dapat menurunkan kadar kortisol dalam darah.