Hingga saat ini masih sulit melakukan deteksi dini kanker pada anak. Kebanyakan baru bisa dideteksi setelah terjadi benjolan. Khusus untuk jenis kanker yang sifatnya cair seperti leukemia, deteksinya relatif lebih sulit karena tidak memicu benjolan. Tanda awal leukemia biasanya dikenali dari gejala muka pucat dan lemas, lebam dan bercak kemerahan di permukaan kulit dan disertai demam.

Lebih baik waspada daripada terlambat mengobati. Berikut beberapa cara mengenali gejala awal kanker pada anak.

1. Otak
Orangtua harus mewaspadai jika anak sering pusing, mual, muntah yang menyemprot, lumpuh dan gangguan keseimbangan.

2. Mata
Waspadai bila mata anak terlihat seperti mata kucing, merah, juling, dan mengalami gangguan penglihatan. Bisa jadi itu adalah tanda-tanda retinoblastoma atau kanker mata.

3. Leher
Waspadai jika menemukan benjolan yang dijumpai di leher anak dan bertambah besar dalam waktu singkat. Biasanya anak tidak mengeluh kesakitan bila benjolan ditekan atau dipegang.

4. Tangan dan Kaki
Bila tangan atau kaki mengalami pembengkakan yang disertai dengan demam atau nyeri, segera bawa ke dokter.

5. Paru-paru
Biasanya kanker paru merupakan akibat dari penyebaran suatu jenis kanker tertentu ke paru-paru. Salah satu jenis kanker pada anak yang bisa menyebar ke paru-paru adalah kanker tulang.

6. Perut
Segera periksakan ke dokter jika perut anak terlihat membuncit dan bila ditekan teraba suatu benjolan.

7. Alat kelamin
Khusus pada anak laki-laki, waspadai bila testis kanan dan kiri tidak sama besar, dan berbeda kekenyalannya namun tidak ada infeksi.