Setiap orang pasti mempunyai atau pernah mempunyai tokoh pujaan seorang superhero dalam film ataupun komik. Mungkin Superman, Spiderman, Wolverine, Batman, atau Catwoman? Namun tahukah anda bahwa ada beberapa kelainan yang terdapat pada seorang tokoh superhero yang ternyata dapat dijelaskan secara medis? Berikut beberapa diantaranya:

Catwoman

Seekor kucing biasanya sangat takut bila berhadapan dengan air. Di dalam istilah medis disebut Aquagenic urticaria, yaitu suatu keadaan dimana seseorang menderita alergi terhadap air. Penderita aquagenic urticaria tidak dapat bersentuhan dengan air karena kulitnya seketika akan memerah, melepuh, dan mengalami kesakitan seperti tersentuh api. Alergi ini sangat langka karena sejak tahun 1964 hanya ditemukan sekitar 30-an penderita aquagenic urticaria di seluruh dunia.

Wolverine

Tokoh Wolverine dalam X-Men digambarkan dapat mengeluarkan cakar setajam pisau baja dan tubuhnya banyak ditumbuhi bulu. Di dunia medis, seseorang yang mengalami peningkatan pertumbuhan rambut secara berlebihan yang disebabkan oleh mutasi gen disebut Hypertrichosis atau Werewolf syndrome. Penyakit ini juga merupakan penyakit langka karena di dunia hanya ditemukan 100 kasus.

Iceman

Seorang pria berusia 52 tahun dari Belanda yang bernama Wim Hof mampu berdiri di atas balok es selama 2 jam dan telah memecahkan rekor dunia ketahanan berendam di dalam es tahun 2010 di Tokyo, Jepang. Hof mengatakan bahwa dia mampu bertahan lama di dalam es dengan mengatur panas tubuhnya sendiri dengan kekuatan mental.

White Queen

Tokoh White Queen digambarkan sebagai wanita cantik dengan tubuh putih. Di dalam istilah medis disebut Albinism atau albino, yaitu suatu penyakit keturunan yang jarang ditemukan dimana tubuh tidak dapat membentuk melanin. Pada penderita albino tidak ditemukan pigmen pada rambut, mata dan kulit, sehingga rambutnya putih, matanya pink dan kulitnya pucat.

Mystique

Tokoh wanita dalam cerita X-Men ini dapat berubah menjadi orang lain dan digambarkan berkulit biru. Kelainan warna kulit ini dalam istilah medis disebut Methemoglobinemia, yaitu kelainan pada darah yang ditandai dengan adanya methemoglobin (metHb) yang melebihi batas normal dalam darah. Kelebihan methemoglobin dalam darah ini menyebabkan warna kulit berubah menjadi biru. Konon juga terdapat legenda manusia biru di berbagai negara.

Jean Gray

Tokoh wanita yang juga tergabung dalam X-Men ini digambarkan mampu menciptakan api melalui kekuatan telepati dan telekinetis-nya. Pada Desember 2001 seorang wanita berusia 73 tahun di Garden Grove, California meninggal akibat luka bakar tingkat tiga. Petugas pemadam kebakaran dan identifikasi merasa bingung karena api hanya membakar meja dan kursi tempat korban sedang duduk, tidak mengenai barang lain di rumah korban. Sedangkan pada tanggal 20 September 1938 di Chelmsford, Inggris, seorang wanita tiba-tiba terbakar di tengah-tengah lantai dansa yang penuh sesak. Tidak ada yang mampu memadamkan api yang tampaknya berasal dari tubuh wanita itu sendiri.