Kacang merah memiliki penggemar yang cukup luas di mancanegara. Di Indonesia sendiri banyak ditemukan berbagai macam jenis pangan dan minuman dari kacang merah. Misalnya, yang cukup terkenal adalah sup dan minuman es kacang merah dari Palembang.
Kacang merah mengandung nutrisi protein nabati yang tinggi dibanding sumber protein hewani. Protein pada kacang merah memiliki sifat rendah lemak sehingga aman untuk kesehatan jantung. Kandungan protein pada kacang merah juga dapat menghambat tumbuhnya kanker usus terutama kanker usus besar, dan juga baik untuk penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah dan aman untuk kolesterol.
Selain sebagai sumber protein, kacang merah juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Serat yang terkandung pada kacang merah dapat mengenyangkan. Namun juga dapat mengosongkan usus, sehingga proses pembuangan air besar akan menjadi lancar.
Selain dibuat sebagai makanan dan minuman yang menyegarkan, air rebusan kacang merah juga dapat diminum. Aneka vitamin yang larut dalam rebusan kacang merah sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, anda tak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi kacang merah secara teratur. Karena selain dapat diolah menjadi makanan dan minuman yang lezat, kacang merah juga menyehatkan dan sangat baik untuk tubuh kita.