Sering kali kita kehilangan kontrol emosi untuk alasan yang tidak diketahui secara tiba-tiba. Mood atau Suasana hati tiba-tiba berubah menjadi buruk menyebabkan kegiatan Anda menjadi terganggu. Dan Jika itu terjadi, mungkin Anda dapat mencoba minum segelas air. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya.

Mungkin saja Anda sedang mengalami Dehidrasi ringan. Ada hubungan antara perubahan suasana hati dan dehidrasi ringan. Emosi anda bisa meledak tiba-tiba karena dehidrasi ringan. Sebuah studi di University of Connecticut menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat mengubah suasana hati seseorang, tingkat energi dan kemampuan seseorang untuk berpikir jernih.
Menurut peneliti Harris Lieberman, seperti yang dimuat di Daily Mail, dehidrasi ringan adalah kehilangan 1,5% volume air normal dalam tubuh yang terjadi dalam kegiatan kita sehari dapat mempengaruhi perasaan kita, terutama bagi perempuan.
Efek dehidrasi ini lebih besar pengaruhnya terhadap wanita karena wanita memiliki komposisi lemak lebih banyak dari pria, sedangkan pria memiliki komposisi saraf yang banyak dari wanita. Selain itu, komponen air pada wanita lebih rendah dan ada faktor hormonal yang membuat wanita lebih sensitif karena kurangnya cairan. Dan perubahan suasana hati secara substansial dapat terjadi ketika istirahat atau berolahraga.
Dehidrasi bisa terjadi pada semua orang, termasuk orang-orang yang bekerja dengan komputer selama berjam-jam. Dehidrasi ringan dapat terjadi bahkan sebelum kita menjadi haus. Sensasi haus akan muncul setelah tingkat dehidrasi Anda mencapai 1-2%.
Bagi wanita muda, dehidrasi ringan dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan dan sulit berkonsentrasi. Karena kesulitan konsentrasi, mereka cenderung menganggap bahwa pekerjaannya sangat sulit untuk diselesaikan, meskipun kemampuan kognitif mereka tidak berkurang.
Untuk pria, dehidrasi ringan dapat menyebabkan beberapa kesulitan untuk menyelesaikan tugas mental. Hal ini terutama terkait dengan kewaspadaan dan kerja memori. Mereka juga mengalami kelelahan, ketegangan dan kecemasan.
Jadi, Anda dapat menjaga suasana hati Anda dan mengendalikan emosi Anda hanya dengan meminum air, agar tidak terjadi dehidrasi ringan. Dianjurkan untuk minum setidaknya 2 liter air per hari.