Diet bukanlah cara yang terlalu tepat untuk menurunkan berat badan anda. Karena diet hanya akan merubah sementara pola makan anda. Oleh sebab itu, hasilnya juga sementara. Berat badan pelaku diet ini biasanya akan kembali lagi ketika ia mengembalikan pola makannya seperti semula.
Jadi, bagaimana cara yang tepat untuk menurunkan berat badan yang berlebihan kembali normal ???
  1. Berolahraga. Olahraga yang teratur dapat membakar kalori tubuh dan membentuk otot. Hal ini dapat membuat penampilan anda menjadi lebih baik dan juga dapat menjaga berat badan anda. Joging, bersepeda dan melakukan hal-hal lain yang meningkatkan tingkat aktivitas harian anda akan sangat membuat perbedaan. Jika anda ingin membakar lebih banyak kalori, tingkatkan intensitas latihan anda dan tambahkan beberapa latihan beban untuk membentuk otot-otot anda. Dengan otot-otot yang terbentuk dengan baik, maka jumlah kalori yang anda keluarkan juga akan bertambah bahkan ketika anda tidak berolahraga.
  2. Kurangi menonton televisi. Salah satu alasan orang malas berolahraga adalah karena ia terlalu sibuk berada di depan layar televisi menonton film atau sinetron kesayangannya. Batasi frekuensi anda menonton televisi menjadi kurang dari 2 (dua) jam sehari. Tingkatkan aktivitas di luar rumah karena tubuh akan lebih banyak bergerak dan pembakaran kalori di dalam tubuh juga akan menjadi lebih baik.
  3. Hati-hati dengan porsi makanan anda. Porsi makanan yang terlalu berlebihan akan meningkatkan kemungkinan anda menderita obesitas. Faktor lain yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan anda adalah anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis, seperti soda dan jus. Jadi, pilihlah porsi yang lebih kecil. Anda juga perlu untuk memperbanyak porsi minum air putih dan ditambah dengan susu rendah lemak. Bukan soda.
  4. Makan 5 (lima) porsi sayuran dan buah setiap hari. Buah dan sayuran lebih dari sekedar vitamin dan mineral. Buah dan sayuran juga kaya akan serat yang sangat baik untuk tubuh. Kurangi makanan berkalori tinggi, seperti keripik dan makanan-makanan yang berminyak lainnya.
  5. Jangan melewatkan sarapan. Selalu mulai hari-hari anda dengan sarapan terlebih dahulu karena sarapan sangat penting dan baik untuk metabolisme tubuh, serta memberi anda tenaga untuk beraktivitas di siang hari. Orang yang melewatkan sarapan akan merasa sangat lapar siang harinya sehingga mereka cenderung makan lebih banyak dari yang biasanya. Jadi, sarapan akan memberikan kita kalori dan tenaga yang cukup untuk beraktivitas dengan baik.
Jadi, tinggalkan kebiasaan buruk dan mulailah pola hidup sehat anda. Pola hidup yang sehat akan membentuk tubuh dan pribadi yang kuat. Semoga bermanfaat.