Untuk menunjang ataupun meningkatkan penampilan, wanita seringkali menggunakan sepatu berhak tinggi atau yang sering disebut sebagai stiletto. Namun, sayangnya wanita kerapkali juga menyiksa kaki mereka dengan menggunakan stiletto yang terlalu menjulang.
Hal ini sering menjadi penyebab terjadinya cedera pada kaki. Karena, secara umum wanita memiliki tumit yang sempit dan sendi yang lebih lemah dari pria yang dapat meningkatkan resiko keseleo pada pergelangan kaki dan dislokasi tulang kaki.

Tapi, dengan pemakaian yang sesuai dan benar, anda masih bisa kok bergaya dengan stiletto kesayangan anda tersebut. Berikut sedikit tips-tips aman dan nyaman memakai stiletto atau sepatu berhak tinggi anda:
  1. Usahakan untuk tidak berdiri atau berjalan dengan sepatu berhak tinggi lebih dari 2,5 cm lebih dari empat jam terus menerus.
  2. Untuk menempatkan ukuran kaki yang pas, beli sepatu anda pada sore hari dimana kaki lebih mekar daripada pagi hari.
  3. Jaga berat badan anda agar tetap ideal. Karena setiap bertambahnya berat badan anda berarti tambahan beban pada kaki anda juga bertambah berkali lipat.
  4. Untuk menjaga kaki anda tetap lentur, lakukan peregangan pada kaki dengan gerakan seperti membuat huruf alfabet dengan ujung kaki. Pijat betis anda beberapa menit setiap harinya dan lakukan peregangan pada pergelangan kaki dan betis Anda.