Penyakit Jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia. Gejala atau ciri-ciri penyakit jantung yang sering kita jumpai adalah sesak napas, tubuh bagian atas dan mual. Ada berbagai jenis penyakit jantung dan masing-masing memiliki ciri-ciri dan gejala sendiri. Biasanya penyakit jantung diakibatkan kerusakan pada otot jantung atau jaringan pendukung dan pembuluh darah.

Jadi perlu diketahui lebih awal apa penyebab penyakit jantung, karena bisa fatal jika tidak didiagnosis dan diobati pada waktunya. Berikut ini adalah 7 jenis penyakit yang seering menyerang jantung:
  1. Penyakit Arteri Koroner atau Penyakita Jantung Koroner: adalah penyumbatan arteri koroner, pembuluh darah yang memasok darah beroksigen ke otot jantung (miokardium),  Karena tersumbat, maka aliran darah menjadi lambat dan menyebabkan jantung kekurangan oksigen dan nutrisi.  Penyumbatan ini disebabkan oleh plak yang melapisi dinding bagian dalam pembuluh darah. Plak tersebut terbuat dari kolesterol dan zat-zat lain. Gejala penyakit jantung ini adalah rasa tidak nyaman dan nyeri di dada, rasa terbakar dalam rongga dada, sesak napas, keringat dingin, mual, dan denyut jantung tidak teratur. Dan bila arteri koroner tersumbat sama sekali, maka dapat mengakibatkan serangan jantung.
  2. Kardiomiopati: atau penyakit otot jantung disebabkan karena penurunan fungsi dari miokardium atau otot jantung dan akhirnya berujung pada gagal jantung. Penyebab penyakit ini adalah penyumbatan, radang pada otot jantung,  dan konsumsi alkohol. Gejalanya mencakup sesak napas, jantung berdebar, pusing, kelelahan, irama jantung yang tidak normal, dan pembengkakan di kaki.
  3. Penyakit Jantung Iskemik: penyakit jantung ini disebabkan penyumbatan parsial aliran darah ke jantung. Tanda-tanda dan gejala termasuk nyeri di daerah dada tengah dan lengan kiri, kekencangan di dada, berkeringat dan penebalan pada tendon Achilles.
  4. Gagal Jantung: Gagal jantung disebabkan karena gangguan jantung fungsional. Kegagalan jantung bisa berupa sistolik atau diastolik. Tanda-tanda mencakup sesak napas, buang air kecil kelelahan, malam hari dan pembengkakan hati dan kelainan fungsi berikutnya dalam hati.
  5. Penyakit Jantung hipertensi: Ini penyakit jantung disebabkan oleh peningkatan tekanan darah yang tinggi. Gejala dari penyakit ini adalah nyeri dada, jantung berdebar dan sesak napas.
  6. Penyakit Jantung Inflamasi: penyakit jantung inflamasi disebabkan karena peradangan pada otot jantung atau jaringan di sekitarnya. Peradangan bisa saja diakibatkan infeksi ataupun serangan virus. Peradangan biasanya terjadi pada endokardium dan katup jantung, inflamasi kardiomegali dan radang pada otot jantung.
  7. Penyakit Katup Jantung: Katup Jantung mengatur aliran darah melalui empat bilik jantung. Kegagalan katup jantung dapat mengakibatkan regurgitasi (aliran balik). Katup jantung bisa saja tidak membuka secara sempurna, sehingga menumbat aliran jantung dan mengakibatkan stenosis. Penyakit ini akan mengganggu kemampuan jantung untuk memompa darah. Gejalanya terdiri dari kelelahan, jantung berdebar, nyeri dada, serangan tiba-tiba batuk, perubahan tekanan darah, sesak napas dan kaki bengkak.