Jeanette Graf, MD, penulis buku Stop Aging, Start Living, memaparkan beberapa jenis kosmetika yang aman bagi para ibu yang sedang menjalani masa kehamilan. Apa saja? Silakan simak ulasan di bawah ini:
Obat jerawat Accutane, yang bisa menyebabkan keguguran, jelas tidak boleh digunakan oleh ibu hamil. Begitu pula retinol yang diresepkan dermatologis, seperti Retin-A (dan berbagai obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid dianggap berisiko pada kehamilan). Pilih obat jerawat dengan kandungan retinol yang lebih ringan (konsultasikan dulu dengan dokter Anda), atau ganti dengan krim atau masker berbahan dasar sulfur.
Cat rambut. Kebanyakan dokter akan menyarankan Anda untuk tidak mewarnai rambut pada trimester pertama kehamilan. Tapi, formula pewarna yang berbahan dasar tumbuh-tumbuhan (alami) masih bisa digunakan, begitu juga teknik highlight karena proses mewarnainya tidak diaplikasikan menempel pada akar rambut. 
Losion tanning. Kecil kemungkinan bahan kimia yang mengandung pewarna masuk ke dalam kulit, tapi Anda sebaiknya tidak mengambil risiko. Jika Anda benar-benar ingin memiliki kulit kecoklatan yang berkilau, pulas saja bedak berwarna keemasan atau bronzer.
Obat penghilang bulu. Kandungan bahan kimia memang ditujukan untuk menembus jaringan kulit sehingga folikel rambut menjadi renggang. Ini sangat berisiko bagi wanita hamil. Pilih cara yang aman dengan pisau cukur.
Pemutih gigi. Dalam bentuk strip maupun cair, bahan bleach-nya bisa masuk ke dalam gusi dan saluran darah Anda. Sebaiknya, gunakan saja pasta gigi yang mengandung pemutih.

ref