Apakah anda termasuk penggemar steak? Kalau benar mungkin ada baiknya anda lebih waspada karena baru-baru ini telah diterbitkan sebuah hasil penelitian yang menyimpulkan bahwa steak merupakan biang keladi kematian dini.

Penelitian dari Harvard School of Medicine yang telah dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine ini dilakukan selama 28 tahun dengan melibatkan 100 ribu responden. Mereka dianalisa pola diet dan gaya hidupnya secara berkala.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi daging merah setiap hari secara berlebihan dapat meningkatkan resiko terkena kanker dan penyakit jantung. Mengkonsumsi 1 porsi daging merah (85 gram) setiap hari akan meningkatkan resiko kematian sebesar 18 persen akibat penyakit jantung, dan meningkatkan resiko kematian sebesar 10 persen akibat kanker.

Sedangkan bila mengkonsumsi daging olahan yang setara dengan dua iris daging asap atau satu hot dog, akan memperbesar risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 21 persen dan akibat kanker sebesar 16 persen.

Daging merah sangat sarat dengan lemak jenuh. Mengganti daging merah dengan unggas, ikan, sayur, biji-bijian dan makanan sehat lainnya, akan memotong risiko kematian dini hingga seperlima. Daging merah dapat menjadi bagian dari diet seimbang. Tapi mereka yang terbiasa makan daging merah dan olahan secara berlebihan harus mempertimbangkan untuk menguranginya secara teratur.