Setiap kita belajar, berpikir, dan melakukan berbagai kegiatan, kita memerlukan kinerja otak. Jika otak kekurangan nutrisi maka dapat mempengaruhi kinerjanya, seperti lambat berpikir, kemampuan mengingat menurun. Oleh karena itu kita membutuhkan sarapan atau makanan yang bergizi setiap harinya agar nutrisi buat otak terpenuhi,

sehingga kinerja otak dapat maksimal. Berikut ini adalah 15 makanan yang tepat untuk meningkatkan kecerdasaan otak.

  1. Ikan. Studi menunjukkan bahwa minyak ikan sangat cocok untuk fungsi otak, karena lebih dari 50% dari otak terdiri dari lipid. Asam lemak Omega 3 yang ditemukan dalam ikan salmon, sarden dan tuna baik untuk menjaga neurilemma, menghasilkan sel-sel otak dan meremajakan fungsi mereka.
  2. Pisang. Studi menunjukkan bahwa pisang kaya akan kalium dan magnesium yang penting untuk transmisi saraf. Pisang juga mengandung vitamin B6 yang diperlukan untuk produksi asam Gamma Amino butirat, neurotransmitter.   
  3. Roti Gandum. Roti gandum merupakan sumber penting dari energi yang dibutuhkan oleh otak untuk hampir semua fungsi serta lisin. Otak tidak bisa berkerja tanpa glukosa dan roti gandum merupakan sumber glukosa yang baik.
  4. Buncis dan kacang-kacangan lainnya. Kacang, kacang polong, lentil dan kacang-kacangan lain adalah sumber penting asam amino esensial serta vitamin B9, Besi dan Vitamin B1 yang semuanya diperlukan untuk fungsi otak yang tepat.
  5. Hati. Hati adalah sumber penting zat besi yang merupakan komponen penting hemoglobin. Hemoglobin merupakan transporter oksigen yang penting, sehingga melancarkan suplay oksigen ke otak. Hati juga mengandung semua vitamin yang diperlukan untuk fungsi otak.
  6. Buah Beri. Blackberry, raspberry dan berry lainnya merupakan sumber penting dari Vitamin C, antioksidan yang meremajakan sel-sel otak dengan menghilangkan radikal bebas dan memperbaiki pembuluh darah untuk transportasi oksigen yang cukup.
  7. Telur. Telur kaya akan lesitin dan fosfolipid yang penting dalam rekonstruksi neurilemma. Telur juga menyediakan asam amino penting yang diperlukan dalam sintesis neurotransmitter.
  8. Cokelat. Cokelat mengandung magnesium yang penting untuk transmisi saraf. Coklat juga mengandung amfetamin yang bertindak sebagai antidepresan.
  9. Daging Ayam. Daging Ayam memiliki semua asam amino esensial maupun asam lemak dan vitamin penting yang dibutuhkan untuk fungsi otak dan sintesis neurotransmitter. Daging ayam kaya akan lemak, baik mono dan ganda tak jenuh, yang merupakan komponen penting dari jaringan saraf.
  10. Brokoli. Brokoli adalah sumber magnesium serta vitamin C. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Magnesium diperlukan untuk neurotransmisi sedangkan vitamin C merupakan antioksidan kuat yang menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak sel otak.
  11. Teh. Seperti halnya coklat, teh mengandung antioksidan yang menghilangkan radikal bebas yang memiliki potensi untuk membahayakan neuron. Teh mengandung flavonoid yang merangsang fungsi otak.
  12. Alpukat. Alpukat merupakan sumber dari Vitamin E, yang juga berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi otak dari penuaan dini.
  13. Bayam. Sayuran ini merupakan sumber magnesium dan vitamin B9 yang baik yang penting untuk relaksasi otot dan pengembangan jaringan saraf. Vitamin B9 juga meningkatkan memori yang diperlukan untuk kecerdasan.
  14. Minyak Rapeseed. minyak rapeseed merupakan sumber alternatif yang baik untuk asam lemak Omega 3 yang seperti dijelaskan di atas merupakan konstituen penting dari sistem saraf, khususnya otak.
  15. Makanan Laut. Kerang, kepiting, udang, tiram, dan makanan laut lainnya merupakan sumber yang kaya mangan, tembaga, seng, lithium, dan yodium yang tidak hanya meningkatkan aktivitas metabolisme tetapi juga melawan kecemasan dan kelelahan mental. Makanan laut  juga kaya akan vitamin B12, serta asam amino esensial lisin yang diperlukan untuk sintesis dopamin.

Bacaan menarik lainnya tentang otak :