Sebagian besar remaja membutuhkan sekitar 8 – 9 jam untuk tidur setiap hari. Namun, 1 dari 4 remaja mempunyai masalah dengan tidurnya. Kurang tidur dapat mempengaruhi banyak hal dalam hidup kita, seperti emosi yang tak terkontrol dan berkurangnya konsentrasi dalam mengerjakan suatu hal.
Hal ini sangat mempengaruhi kinerja kita dan meningkatkan kemungkinan kita sakit karena kualitas tidur yang buruk.
Nah, berikut ada beberapa trik ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur anda:
  1. Jadilah aktif di siang hari. Anda mungkin sering melihat anak-anak kecil bermain berlarian seharian seperti tak kenal lelah dan malamnya mereka tidur dengan nyenyak sekali. Usahakan untuk lebih aktif di siang hari karena aktifitas fisik dapat membantu menurunkan stres dan membantu seseorang agar merasa lebih santai.
  2. Hindari alkohol dan obat-obatan. Banyak orang berpikir bahwa alkohol dan obat-obatan dapat membuat mereka lebih rileks dan mengantuk. Namun, pada kenyataannya alkohol dan obat-obatan hanya akan memperburuk kualitas tidur anda karena akan membuat anda sulit untuk tidur.
  3. Jauhi barang-barang elektronik. Terutama pada malam hari di waktu-waktu jam anda akan tidur. Sebaiknya anda tidak menonton televisi terlalu malam dan engorbankan jam tidur anda demi menonton artis kesayangan anda. Akan lebih baik lagi kalau anda tidak meletakkan televisi di dalam kamar agar anda tidak tergoda untuk menyalakannya saat jam tidur anda.
  4. Jaga rutinitas tidur. Tidurlah pada waktu yang sama setiap malamnya. Menjaga rutinitas tidur akan membantu meningkatkan efek relaksasi pada tubuh anda. Anda akan merasa lebih nyaman dan tidurpun akan lebih nyenyak.
  5. Hindari pikiran-pikiran negatif. Pikiran negatif seperti stres dapat memicu insomnia yang dapat membuat anda akan semakin sulit tidur. Berusahalah untuk selalu berpikir positif dalam hal apapun juga, termasuk pikirkan bahwa malam ini anda akan tidur sangat nyenyak.
Setiap orang pasti pernah memiliki masalah dengan tidurnya. Tetapi, jika hal itu berlangsung terus menerus dan mempengaruhi kinerja dan performa anda di dalam kegiatan sehari-hari, sebaiknya bicaralah dengan dokter anda. Konsultasikan dan temukan solusi terbaik agar kualitas tidur anda kembali terjaga.