Apakah anak anda pernah terkena infeksi telinga? Kebanyakan anak-anak pernah mengalami setidaknya sekali infeksi di telinga tengah sebelum menginjak usia 2 tahun. Infeksi ini dapat menyebabkan sakit pada telinga dan demam.

Apa itu infeksi telinga tengah ?

Infeksi telinga tengah adalah salah satu masalah anak yang paling umum di mana infeksi terjadi ketika kuman seperti bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan masalah pada tubuh terutama telinga. Telinga dibagi menjadi tiga bagian: bagian luar, tengah dn bagian dalam. Ketika kuman mengganggu telinga luar anda, ini disebut telinga perenang.

Telinga tengah adalah saku kecil udara di belakang gendang telinga. Anda akan terkena infeksi telinga tengah ketika kuman masuk ke telinga tengah dan area telinga terisi dengan cairan (nanah) yang berisi kuman.

Bagaimana saya dapat terkena infeksi telinga ?

Antara telinga tengah dan tenggorokan ada bagian yang disebut pembuluh tabung. Pipa pembuluh menjaga tekanan udara dengan membiarkan udara bergerak masuk dan keluar dari telinga tengah anda. Pada anak-anak, pipa pembuluh mereka masih sangat kecil dan kurang mampu untuk menghalau kuman agar tetap berada di luar.

Pipa pembuluh berkembang lebih lama dan biasanya bekerja lebih baik pada anak-anak yang menginjak usia remaja. Jika anak anda terkena alergi atau masuk angin, pipa pembuluh bisa tertutup dan membiarkan kuman masuk ke dalam telinga tengah. Kuman dapat tumbuh di dalam telinga tengah dan menyebabkan infeksi.

Jika anak anda terkena infeksi telinga, telinga mereka akan sakit, demam dan akan sedikit mempengaruhi pendengaran anak anda. Segera bawa anak anda ke dokter agar bisa segera diatasi.

Apa yang akan dokter lakukan ?

Dokter akan melihat ke dalam telinga dengan senter khusus yang disebut otoscope. Dengan otoscope, dokter dapat melihat gendang telinga, membran tipis antara telinga luar dan tengah.

Dokter juga akan meniup sedikit embusan udara di telinga dengan otoscope untuk melihat apakah udara dapat menggerakkan gendang telinga untuk memastikan gendang telinga masih berfungsi dengan baik atau tidak. Gendang telinga yang terinfeksi tidak akan bergerak sebagaimana mestinya akibat pengaruh kuman dan virus yang masuk tadi. Infeksi juga dapat membuat gendang telinga memerah.

Dokter juga akan memberikan resep obat yang disebut antibiotik yang fungsinya untuk membersihkan telinga dan infeksi bakteri, sehingga telinga akan terasa lebih baik.

Cara mencegah infeksi telinga

Apa yang bisa anda lakukan untuk mencegah anak anda terkena infeksi telinga ? Hindari tempat-tempat di mana di sana banyak orang yang merokok, salah satunya. Asap rokok dapat menyebabkan pipa pembuluh telinga tengah tidak bekerja dengan baik.

Anda juga dapat mencoba beberapa langkah berikut:

  • Jauhi anak anda dari orang yang sedang sakit, misalnya alergi atau pilek
  • Biasakan aak anda untuk mencuci tangannya secara teratur untuk menghindari bakteri dan kuman.
  • Cobalah untuk tidak terlalu sering menyentuh hidung dan mata untuk mencegah bakteri yang dapat berpindah dari hidung atau mata.

Semoga dapat membantu. Terima kasih.