Banyak orang yang sering bermasalah dengan matanya. Padahal, mata adalah salah satu organ terpenting di tubuh kita  yang sangat vital fungsinya bagi kita. Karena itu selalulah jaga dan rawat mata anda agar selalu sehat dan terhindar dari segala gangguan yang dapat merusak atau menurunkan fungsi mata kita.
Berikut ini saya mencoba untuk memberikan sedikit tips bagaimana menjaga dan merawat kesehatan mata di tengah kesibukan kita yang padat.
  • Selalulah periksa mata anda secara berkala. Hal ini bagus untuk mencegah dan mengobati masalah mata yang sudah ada. Jika Anda menggunakan kontak lensa pastikan kontak lensa anda benar- benar terjaga kebersihannya.
  • Makanlah makanan diet seimbang, seperti buah-buahan dan sayuran segar. Makanlah makanan yang kaya nutrisi vitamin A, E dan C. Makanlah banyak wortel yang kaya beta karoten dan termasuk ikan yang tinggi omega 3. Coba secangkir brokoli karena ini juga baik untuk mata.
  • Selalu rawat kesehatan Anda dan jaga sistem kekebalan tubuh. Hindari terlalu banyak merokok dan minum alkohol yang berlebihan karena hal ini dapat membuat mata Anda terlihat lelah. Merokok mempunyai efek buruk pada peredaran darah di sekitar daerah mata. Jika Anda memiliki diabetes, secara teratur cek up karena jika diabaikan ini dapat mempengaruhi mata. Cobalah untuk juga menjaga tekanan darah dan kolesterol pada tingkat normal.
  • Lindungi mata dengan kacamata hitam atau sekurang-kurangnya 95% terlindung dari UV . Pilih jenis kacamata dengan frame yang bagus untuk memastikan perlindungan penuh pada mata. Memakai topi dan menggunakan payung saat berada di bawah terik matahari agar mata lebih teduh dan terlindungi dari panas. Gunakan kacamata pelindung ketika bekerja dengan alat dan mesin berat.
  •  Pastikan untuk selalu memiliki tangan yang bersih sebelum menyentuh mata Anda. Infeksi pada mata dapat dimulai dengan tangan yang tidak bersih. Juga, cobalah menghindari terlalu banyak menggosok mata. Gunakan saputangan yang bersih dan katun untuk membersihkan mata.
  • Ingatlah ketika membaca, pastikan anda memiliki pencahayaan yang baik. Dalam menonton TV, menggunakan layar anti-silau adalah pilihan yang tepat untuk melindungi mata anda. Demikian juga halnya ketika anda menggunakan komputer. Luangkan sedikit waktu untuk mata anda beristirahat jika anda harus menatap layar komputer untuk waktu yang cukup lama.
  • Sering-seringlah berkedip untuk meringankan stres. Berkedip membantu melumasi mata. Cobalah untuk menutup mata Anda selama sekitar 5 menit untuk merilekskan dan mengurangi ketegangan mata.
  • Cuci mata dengan air dingin untuk mengurangi ketegangan mata. Gunakan tetes mata jika diperlukan tetapi harus sesuai dengan petunjuk dokter.
Inilah sedikit tips-tips yang dapat saya sharingkan kali ini. Semoga berguna dan bermanfaat dalam upaya menjaga dan merawat mata kita.