Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang terjadi pada tubuh Anda saat Anda berhenti merokok?

Nah, di sini saya akan coba untuk sedikit menjelaskan sebenarnya apa sih yang terjadi atau perubahan apa yang terjadi di tubuh kita ketika kita memutuskan untuk berhenti merokok.

Dalam waktu 20 menit dari rokok terakhir Anda, sebenarnya tubuh sudah akan memulai serangkaian perubahan yang prosesnya akan terus berlangsung selama bertahun-tahun.

20 MENIT

Tekanan darah turun menjadi normal.
Denyut nadi turun menjadi normal.
Tubuh suhu tangan dan kaki meningkat menjadi normal.

8 JAM

Karbon monoksida dalam darah turun menjadi normal.
Oksigen dalam darah meningkat normal.

24 JAM

Diperkirakan terjadi kemungkinan penurunan serangan jantung.

48 JAM

Ujung saraf sudah mulai tumbuh kembali.
Kemampuan untuk bau dan rasapun ditingkatkan.

2 MINGGU KE 3 BULAN

Sirkulasi darah membaik dan lebih lancar.
Fungsi paru-paru meningkat sampai 30%.

1 KE 9 BULAN

Batuk, kemacetan sinus, kelelahan dan sesak napas akan mulai berkurang dan perlahan-lahan sembuh seperti sedia kala.
Silia tumbuh kembali di paru-paru, meningkatkan kemampuan untuk menangani lendir, membersihkan paru-paru, dan mengurangi infeksi.
Meningkatkan energi dalam tubuh.

1 TAHUN

Risiko terkena penyakit jantung koroner menjadi lebih kecil dari perokok.

5 TAHUN

Kanker paru-paru tingkat kematian bagi perokok rata-rata (satu bungkus sehari) berkurang hampir setengahnya.
Risiko stroke berkurang dalam kurun waktu 5-15 tahun setelah berhenti.
Risiko kanker mulut, tenggorokan dan kerongkongan akan lebih rendah hingga setengahnya dari perokok.

10 TAHUN

Risiko kematian akibat kanker paru-paru hampir bisa dipastikan sangat kecil.
Sel prakanker diganti.
Risiko kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, kandung kemih, ginjal dan pankreas semakin menurun.

15 TAHUN

Risiko penyakit jantung koroner hampir tidak ada.

Jadi, dalam 12 jam saja setelah Anda berhenti merokok, tubuh Anda akan mulai menyembuhkan dirinya sendiri. Tingkat karbon monoksida dan nikotin dalam sistem tubuh anda akan menurun dengan cepat, dan jantung serta paru-paru akan mulai memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh asap rokok.

Dalam beberapa hari, Anda mungkin akan mulai melihat beberapa perubahan luar biasa dalam tubuh Anda. Indra penciuman dan perasa akan meningkat. Anda akan bernapas lebih mudah, walaupun Anda mungkin melihat bahwa Anda mungkin masih akan terus batuk untuk sementara waktu. Namun, setelah itu Anda akan bebas dari kekacauan, bau, ketidaknyamanan, biaya yang membengkak akibat rokok dan yang pasti Anda juga akan terbebas dari ketergantungan pada rokok.

Segera setelah berhenti merokok, banyak mantan perokok merasakan “gejala pemulihan” seperti kenaikan berat badan sementara yang disebabkan oleh retensi cairan, mulut kering, sakit gusi atau lidah. Anda mungkin merasa gelisah, lapar, lebih lelah dan lebih mudah marah daripada biasanya dan mungkin juga sulit tidur. Gejala-gejala ini adalah hasil dari tubuh Anda yang mulai membersihkan dirinya sendiri dari nikotin, zat kimia adiktif yang kuat dari rokok Anda. Nikotin paling hilang dari tubuh dalam 2-3 hari.

Dengan berhenti merokok, artinya Anda telah memberi kesempatan pada diri Anda sendiri untuk hidup lebih lama lagi. Anda telah secara signifikan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung, stroke, bronkitis kronis, emfisema, dan beberapa jenis kanker, bukan hanya kanker paru-paru.

(Merokok bertanggung jawab setiap tahun untuk sekitar 130.000 kematian akibat kanker, 170.000 kematian akibat penyakit jantung, dan 50.000 kematian dari penyakit paru-paru.)

Jadi, segeralah hentikan kebiasaan buruk Anda ini. Ingat, pemerintah juga sudah mengingatkan dengan memberi label peringatan pada setiap bungkus rokok yang Anda beli.

“MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN”