Magnesium adalah mineral makro yang sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Sebagian besar magnesium terdapat di dalam tubuh kita, tulang dan otot. Sisa magnesium dapat ditemukan pada sel lain dan cairan tubuh.

Tubuh kita tidak dapat menghasilkan magnesium sehingga kita perlu mencukupi kebutuhan magnesium kita dari makanan yang kita makan. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan kejang, kelemahan otot, Kram Otot, denyut jantung meningkat, melemahnya tulang, sakit kepala dan tekanan darah tinggi.
Pada Laki-laki dewasa setidaknya membutuhkan asupan 400 miligram magnesium per hari. Dan untuk wanita dewasa sekitar 300 miligram magnesium setiap hari. Wanita hamil antara 19-30 tahun membutuhkan 350 miligram magnesium setiap hari.
Pada artikel ini kita akan membahas tentang manfaat magnesium untuk otot. Magnesium sangat penting untuk saraf dan otot. Magnesium dikenal sebagai mineral ketenangan karena dapat membuat semua saraf rileks. Magnesium bekerja sebagai penghalang dan mencegah kalsium untuk mencapai ke dalam sel-sel saraf dengan cepat. Kelebihan kalsium dapat menyerang sel-sel saraf dan menyebabkan sistem saraf kita bereaksi berlebihan. Dengan menghalangi kalsium, magnesium membantu mengendurkan saraf. Apabila sel-sel saraf beraksi berlebihan maka dapat menyebabkan kejang, kram otot, ketegangan otot, nyeri otot dan kelelahan otot.
Selain bermanfaat otot dan saraf, magnesium sangat penting dan digunakan dalam pengobatan dan pencegahan penyakit dan kondisi seperti Autisme, Diabetes, Serangan jantung, Epilepsi, Osteoporosis Asma, dan PMS. Jadi, jagalah asupan magnesium Anda setiap hari agar terhindar dari kram otot yang menggangu.
foto: wikipedia/Warut