Spa memang sudah sangat akrab dalam keseharian di masa kini. Bahkan, sejak beberapa tahun terakhir spa juga diperuntukkan bagi bayi dan anak. Kesempatan ini tak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesegaran tubuh dan kesehatan, tapi juga mampu menjalin keakraban antara ibu dan buah hati.

Pijat bayi sebenarnya sudah rutin dilakukan sejak dulu. Bayi dan anak yang sulit tidur atau sering menangis, biasanya langsung membaik setelah dipijat. Sekarang, pijat bayi dikemas dalam paket spa yang tak hanya modern, tapi juga makin lengkap dengan adanya terapi air di kolam khusus bayi.
Pijatan lembut mampu menenangkan bayi. Tentu saja jenis pijatannya disesuaikan dengan usia dan kondisi si buah hati. Bayi-bayi usia nol hingga enam bulan, biasanya cuma dipijat ringan seperti elusan. Kekuatan pijatan bisa ditingkatkan seiring meningkatnya usia sang buah hati.
Sentuhan tangan bisa memberikan rasa nyaman bagi bayi. Karenanya, para ibu disarankan untuk memperhatikan saat anaknya menjalani terapi pijat, sehingga bisa menerapkannya di rumah. Sentuhan tangan bunda juga diyakini mampu meningkatkan kemampuan motoring bayi, karena mereka biasanya langsung bereaksi jika didekati ibunya.
Berbeda dengan spa untuk orang dewasa yang dimulai dengan pemijatan dan diakhiri dengan berendam, spa untuk bayi justru dimulai dengan berendam terlebih dahulu. Untuk bayi, biasanya disediakan kolam berdinding kaca dengan suhu air yang diatur sesuai permintaan para orangtua dan kebiasaan si anak. Kegiatan tersebut sama sekali bukan hal yang sulit dilakukan sang buah hati, karena di lehernya dikalungkan pelampung (floating donut). Sedangkan bagi anak-anak di atas satu tahun, bisa berendam di kolam setinggi 60 centimeter yang dilengkapi aneka mainan.
Usai berendam dan berenang, terapis akan memberikan pijatan sesuai usia anak. Sebagaimana perawatan spa lainnya, bocah-bocah kecil tersebut juga mendapat perawatan manicure-pedicure. Hasilnya, selain makin segar mereka juga makin terawat. Apalagi jika mengingat masih banyak orangtua yang tidak berani memotong sendiri kuku bayinya.
Kendati demikian, layanan spa ini hanya bisa diberikan bagi bayi-bayi yang sedang dalam kondisi sehat. Pasalnya, pelayanan pijatan untuk bayi cuma bertujuan untuk memberi relaksasi, sehingga tidur mereka lebih nyenyak dan sehat. Selain itu, aktivitas spa bersama-sama  juga memberi kesempatan bagi bayi dan anak untuk lebih akrab dengan orangtuanya. Apalagi jika kebiasaan tersebut berlanjut hingga di rumah sendiri.
Nah, jika selama ini para ibu pergi ke spa untuk memanjakan diri sendiri, tak ada salahnya mulai membiasakan diri menjalani rutinitas yang menyenangkan tersebut bersama buah hati tercinta anda.