Banyak orang yang memilih putih telur sebagai makanan dalam dietnya, hal ini dikarenakan putih telur begitu bergizi dan tidak mengandung kolesterol. Putih telur atau juga disebut Albumen, terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan luar yang tipis, lapisan tebal yang mengandung ovomucin dan lapisan putih tipis mengelilingi kuning telur.

Fungsi utama dari putih telur adalah untuk melindungi kuning telur dan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan kuning telur. Putih telur adalah sumber protein alami yang murni. Sebab, putih telur mengandung sekitar 15% protein dan 17 kalori.
Putih telur mengandung seng, besi, tembaga, kalsium dan potasium. Putih telur juga mengandung vitamin B6 dan Vitamin B12 dan riboflavin. Keunggulan putih telur adalah tidak mengandung kolestrol. Selain itu, putih telur berisi sekitar 40 jenis protein yang berbeda, yang sangat baik untuk kesehatan. Karena mengandung protein yang tinggi, telur putih sangat baik dikonsumsi untuk mengembangkan otot. Itulah mengapa para binaraga banyak mengkonsumsi putih telur.  Putih telur juga baik untuk perawatan kulit seperti, membersihkan wajah, mempersempit pori-pori dan mencegah keriput.
Putih telur merupakan makanan yang baik untuk jantung karena mengurangi kemungkinan serangan jantung. Putih telur juga dapat membantu meningkatkan profil lipid. Putih telur adalah sumber vitamin D yang baik, oleh sebab itu putih telur baik untuk kulit dan untuk orang-orang yang memiliki penyakit kulit. Putih telur dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita. Putih telur banyak dikonsumsi bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Protein dalam putih telur dapat membuat kita tetap aktif untuk waktu yang lama tanpa merasa lapar dan membantu penurunan berat badan.
Walaupun putih telur begitu bergizi, tidak disarankan untuk mengkonsumsi putih telur dalam keadaan mentah seperti yang banyak orang lakukan. Untuk info lebih lanjut silakan membaca artikel: ā€œApakah Aman Memakan Putih Telur Tanpa Dimasak?ā€