Banyak yang bertanya apa yang dimaksud dengan Trigliserida? Dan apa perbedaan antara Trigliserida dan Kolesterol. Makanan apa yang bisa meningkatkan Tingkat trigliserida. Bagaimana cara menurunkan tingkat trigliserida dalam darah, semuanya akan dibahas dalam artikel ini.
Trigliserida adalah lipid yang ditemukan dalam aliran darah. Lipid adalah senyawa organik minyak yang tidak larut dalam air. Pola makan kita menentukan tingkat trigliserida dalam tubuh kita. Setiap kalori yang tidak diperlukan untuk produksi energi, tubuh kita mengubahnya menjadi trigliserida. Trigliserida disimpan di dalam sel lemak.
Tubuh kita menggunakan trigliserida ketika ada kebutuhan untuk produksi energi. Tetapi, terlalu banyak memakan makanan berkalori dapat menyebabkan kelebihan trigliserida dalam darah. Tingginya kadar trigliserida dapat berakibat penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk Anda ingat untuk tidak makan makanan berkalori berlebihan daripada apa yang dapat anda bakar melalui aktifitas Anda, seperti olahraga. Kelebihan trigliserida dalam darah disebut hipertrigliseridemia. Hipertrigliseridemia berhubungan dengan penyakit jantung seperti aterosklerosis.

Perbedaan antara trigliserida dan kolesterol. Meskipun trigliserida dan kolesterol adalah lipid yang ditemukan dalam darah, keduannya berbeda satu sama lain. Kolesterol adalah zat lilin yang dibuat oleh hati dan merupakan bagian penting dari sel, hormon dan saraf. Kolesterol adalah zat yang tidak larut dan untuk bisa melakukan perjalanan melalui darah, kolesterol memerlukan bantuan lipoprotein.

Sedangkan Trigliserida adalah kalori yang tidak terpakai dan penting untuk produksi energi. Trigliserida adalah senyawa organik yang dibuat oleh gliserol dan tiga asam lemak. Jadi, trigliserida memiliki struktur yang berbeda dari kolesterol.

Berikut ini beberapa makanan berkalori tinggi yang dapat meningkatkan kadar trigliserida:

  • Daging merah
  • Makanan olahan berkarbohidrat
  • Makanan tinggi gula seperti permen
  • Susu dan produk yang mengandung susu
Selain itu, konsumsi alkohol dan merokok juga bisa meningkatkan kadar trigliserida. Obat-obat tertentu dapat meningkatkan kadar trigliserida juga.

Bagaimana cara untuk menurunkan kadar trigliserida? Yaitu dengan mengurangi asupan makanan olahan berkarbohidrat. Meningkatkan asupan karbohidrat baik atau makanan rendah glikemik. Makan buah dan sayuran yang banyak dapat membantu Anda untuk menjaga kadar trigliserida yang baik. Selain itu, Anda harus makan lebih banyak protein dan makanan berserat. Latihan dan aktivitas fisik sangat penting untuk menjaga tingkat trigliserida rendah. Anda juga harus berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol. Menurut American Heart Association (AHA), tingkat normal trigliserida dalam darah adalah 150-199mg/dl.