Detoksifikasi adalah proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Secara alami proses ini dilakukan oleh tubuh melalui buang air besar dan kecil. Tetapi, kadang proses ini terganggu, sehingga menggangu kesehatan tubuh. Jika sudah begitu, kita harus membantu proses detoksifikasi tubuh yaitu dengan cara mengkonsumsi brokoli.
Brokoli sangat baik untuk kesehatan kita. Karena terkenal akan antioksidan, anti peradangan dan manfaat detoksifikasinya. Brokoli banyak mengandung vitamin dan mineral yang penting dan esensial, seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A dan folat. Brokoli juga sumber serat yang baik. Tetapi, yang membuat brokoli baik digunakan untuk detoksifikasi adalah tiga fitonutrien yang luar biasa. Ketiga nutrisi ini adalah glucoraphanin, gluconasturtiian dan glucobrassicin.
Ketiga nutrisi ini menghancurkan dan membuang senyawa berbahaya atau racun dari tubuh kita. Sehingga darah Anda tetap bersih dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Anda juga. Manfaat detoks lainnya adalah menghilangkan radikal bebas, menjaga sel-sel sehat, membersihkan lendir dan menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat. Secara keseluruhan, manfaat detoks adalah menghilangkan senyawa berbahaya atau racun dari tubuh dan menjaga tubuh dan organ yang sehat.
Isothiocyanates pada brokoli mempunyai peran penting dalam proses detoksifikasi tubuh. Isothiocyanate hanya dapat ditemukan dalam sayuran tertentu. Glucosinolate (fitonutrien) seperti glucoraphanin, gluconasturtiian, dan glucobrassicin bertanggung jawab untuk membuat isothiocyanates. Isothiocyanates membantu untuk mengatur aktivitas detoksifikasi pada sel-sel dan menjaga sel-sel dari zat-zat berbahaya. Kombinasi glucoraphanin, gluconasturtiian, dan glucobrassicin dalam brokoli sangat langka dan tidak dapat ditemukan dalam makanan lain. Hal ini membuat sayuran brokoli menjadi sayuran khusus untuk proses detoksifikasi tubuh.
Bila Anda ingin mendetoksifikasi tubuh secara alami, maka sayuran brokoli merupakan pilihan yang baik. Selain itu, sayuran ini juga mempunyai manfaat kesehatan yang baik. Konsumsi sayuran ini secara rutin dapat membantu proses detoksifikasi.
Advertisements