Pernah mendengar tentang aprikot? Aprikot berasal dari famili Rosaceae, genus Prunus. Buah ini mempunyai hubungan erat dengan persik dan plum dan memiliki rasa yang manis. Aprikot adalah buah asli Cina dan sudah dibudidayakan di China selama ribuan tahun. Buah ini dapat dimakan segar atau kering, dijus, dan juga dibuat selai.
Aprikot adalah sumber vitamin A yang sangat baik. Selain itu, Aprikot juga mengandung vitamin C, serat, triptofan, kalium, karotenoid dan likopen. Aprikot sangat baik untuk kesehatan karena faktor gizinya. Memiliki sifat antioksidan kuat yang membantu dalam mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel dan jaringan. Selain itu, aprikot memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut ini adalah 3 manfaat utama dari Aprikot untuk kesehatan:
  1. Untuk Kesehatan Jantung: Aprikot mengandung beta karoten dalam jumlah yang tinggi. Beta karoten seperti yang kita tahu sangat baik untuk kesehatan jantung karena membantu melindungi kolesterol LDL dari oksidasi dan mencegah penyakit jantung.
  2. Untuk Kesehatan Penglihatan: Aprikot sangat membantu dalam mengurangi resiko degenerasi makula. Jumlah vitamin A dan karotenoid yang tinggi dalam aprikot berguna untuk meningkatkan penglihatan dan juga melindungi dari kebutaan dan gangguan penglihatan.
  3. Untuk Kesehatan Kulit: Minyak Aprikot sangat baik untuk kulit. Hal ini disebabkan kandungan vitamin A, C dan E yang sangat bermanfaat untuk kulit. Minyak aprikot berguna dalam pencegahan dan pengobatan penyakit kulit dan kondisi seperti eksim, gatal dan kudis. Antioksidan pada minyak ini menetralkan radikal bebas dan melindungi dari kerusakan sel. Scrub wajah yang dibuat dari aprikot dapat meningkatkan sirkulasi dan menghilangkan sel kulit mati.
Aprikot adalah buah yang sangat bergizi dan baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Aprikot juga merupakan obat yang baik untuk sembelit, asma, demam, dan anemia juga.