Serat adalah bagian dari tanaman yang dapat dikonsumsi dan ketika kita memakannya mereka berjalan melalui sistem pencernaan kita, menyerap air dan membantu memudahkan buang air besar secara teratur. Ada dua jenis serat yaitu serat yang larut dan serat yang tidak larut.
Serat yang larut menyerap atau larut dalam air dan membantu menurunkan kolesterol. Serat yang tidak larut, tidak dapat larut dalam air. Serat yang tidak larut berfungsi sebagai pembersih pada saluran pencernaan.
Serat memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama untuk pencernaan kita, berikut ini beberapa manfaat dari serat:
  • Serat dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Seperti yang kita baca diatas, bahwa serat dapat menurunkan kolesterol. Kadar kolesterol yang rendah dapat mencegah penyakit jantung. Jadi, dengan asupan serat yang cukup dapat menghindarkan kita dari risiko penyakit jantung.
  • Manfaat lain dari serat adalah membantu mengurangi risiko diabetes. Serat yang larut dapat membantu mengatur asupan gula dan sangat berguna bagi penderita diabetes dan sindrom metabolik.
  • Studi menunjukkan bahwa serat dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Sebagian besar ahli kesehatan percaya bahwa serat dapat mengurangi risiko kanker usus besar/kanker kolon.
  • Serat makanan dapat mencegah penyakit divertikular. Pada penyakit ini, usus meradang dan terbentuk kantong-kantong kecil pada dinding usus akibat tekanan intrakolon yang tinggi yang disebabkan konstipasi kronik dan bila terinfeksi dapat menciptakan banyak masalah kesehatan yang rumit.
  • Serat yang larut baik bagi gerakan usus yang sehat dan mencegah diare atau sembelit.
  • Salah satu manfaat paling penting dari serat adalah dapat menurunkan berat badan, sehingga Anda dapat mencapai berat badan yang sehat. Ketika kita mengonsumsi makanan yang kaya serat, kita akan merasa cepat kenyang dan kenyang untuk waktu yang lama. Jadi, akhirnya kita makan lebih sedikit dan tidak merasa cepat lapar.
Serat banyak ditemukan pada buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Sayuran seperti Brokoli, Bayam, Zucchini, dan sayuran lainnya merupakan sumber serat yang larut. Buah-buahan seperti Blackberry, Apel, Aprikot, ara, plum, Anggur, Jeruk. Mulailah untuk mengkonsumsi serat yang cukup setiap hari agar kesehatan pencernaan kita tetap terjaga.