Makanan Ibu Hamil – Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan selama kehamilan adalah pola makan, dan tentunya istirahat yang cukup. Sebab, apa yang anda konsumsi mempengaruhi kondisi janin didalam kandungan. Pentingnya mengkonsumsi asam folat yang terdapat dalam sumber makanan alami seperti sayuran dan buah – buahan, susu untuk ibu hamil, maupun dalam bentuk suplemen.

Saat Hamil kebutuhan gizi pada wanita meningkat, guna memenuhi kebutuhan janin yang sedang berkembang. Oleh sebab itu anda perlu menyimak hal apa saja yang baik di konsumsi pada  masa kehamilan:

  • Gabungan Energi Zat Besi + Vitamin

Selama masa kehamilan, kebutuhan zat besi hampir dua kali lipat. Untuk mendapatkan lebih banyak manfaat zat besi dari sayuran, kombinasikan dengan makanan – makanan yang mengandung vitamin c, seperti buah – buahan.

  • Maksimalkan penyerapan zat besi

Teh, kuning telur, susu dan kedelai, mengandung senyawa – senyawa yang membatasi penyerapan zat besi. Untuk memaksimalkan penyerapan zat besi, hindari mengkonsumsi makanan tersebut bersamaan dengan makanan kaya zat besi seperti daging, unggas, maupun ikan. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi (dari 18 mg menjadi 27 mg/hari) karena bayi di dalam kandungan juga membutuhkan.

  • Mengonsumsi asam folat

Wanita yang sedang hamil, dan khususnya yang sedang merencanakan kehamilan, membutuhkan 400 mikrogram asam folat dari suplemen dan makanan yang diperkaya dengan folat sebagai tambahan, seperti sayuran hijau, jeruk, dan gandum utuh. Asam folat adalah vitamin B yang bermanfaat untuk menurunkan resiko cacat tabung saraf. Perlu diketahui bahwa sebagian besar multivitamin mengandung asam folat. Tetapi tidak semua multivitamin tersebut dapat mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil, atau yang sedang merencanakan kehamilan.

  • Mempertahankan kadar cairan dalam tubuh

Kekurangan cairan dapat dapat membuat anda merasa lelah dan lemah, jadi pastikan anda cukup minum. Pada volume darah meningkat secara signifikan sehingga butuh banyak cairan untuk mempertahankanya. Banyak minum air juga dapat membantu pencernaan dan mengurangi sembelit. Cobalah untuk minum air setiap kali anda makan dan disela – sela kegiatan anda. Anda juga bisa minum jus atau susu sesekali untuk menambah beberapa nutrisi dan kalori yang dibutuhkan tubuh.

  • Mengatasi Sembelit

Salah satu penyakit ibu hamil adalah sembelit. Hal ini disebabkan oleh hormon kehamilan dapat memperlambat pencernaan. Untuk membantu meringankan sembalit. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat tinggi, seperti sayuran, kacang gandum utuh, dan sereal bekatul. Selain itu, jangan bosan minum air putih (antara 8 hingga 10 gelas dalam sehari)

  • Asupan Kalsium

Kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, Saat anda hamil, kalsium didalam tubuh anda akan diserap oleh janin, terutama bila ia tidak mendapatkanya dari makanan. Anda bisa memilih susu berkalsium tinggi yang non-fat atau low-fat. Yoghurt, keju, butter, dan es cream juga jadi sumber kalsium yang baik.

Secara rinci, makanan pada wanita hamil di butuhkan untuk:

  1. Pertumbuhan janin dalam kandungan
  2. Menjaga kesehatan dan kekuatan badan ibu
  3. Menumpuk cadangan dalam tubuh untuk digunakan ketika menyusui
  4. Mempercepat penyembuhan luka – luka bekas persalinan.