Mitos seputar kehamilan banyak beredar disekitar masyarakat luas. Sebagian masyarakat mempercayai mitos – mitos tersebut, padahal tidak semua mitos itu benar adanya. Agar calon ibu tidak disesatkan dengan mitos – mitos kehamilan yang beredar, berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa mitos yang ada.

  • Sering minum air es, jus dingin, es sirup akan membuat janin berukuran besar.

Fakta; Ibu hamil perlu asupan cairan baik dari makanan ataupun minuman sebanyak 8-10 gelas/hari, untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan menghindari terjadinya kekurangan cairan (dehidrasi). Tidak masalah apakah yang diminum dalam keadaan dingin ataupun hangat. Yang penting cairan tersebut aman, tidak mengandung kafein, bersoda ataupun alkohol, dan zat pewarnah buatan dan pengawet.
Hal yang sebenarnya dikwatirkan dapat menyebabkan janin besar secara berlebihan bukan karenan minuman dingin tersebut, tapi bila minuman dingin mengandung gula dan dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan kelebihan asupan kalori yang berdampak kenaikan berat badan janin secara berlebihan.

  • Makan durian menyebabkan ganguan kehamilan

Fakta: Diketahui bahwa durian menyebabkan kenaikan kadar kolesterol darah dan mengandung kalori yang cukup tinggi. Tidak sepadan dengan vitamin yang didapatkan dari durian tersebut. Sedangkan pada ibu hamil, seyogyanya memilih makanan yang lebih tinggi nilai nutrisinya, dan tidak terlalu menggemukkan.

  •  Minum minuman bersoda menyebabkan ganguan kehamilan

Fakta: Minuman bersoda memang tidak baik untuk kesehatan, apalagi bagi ibu hamil. Minuman bersoda merupakan minuman dengan nilai kalori yang cukup tinggi tetapi kosong nutrisinya, dan dapat merangsang lambung bagi para penderita maag, terutama apabila diminum saat lambung kosong.

  • Minum susu ibu hamil menyebabkan bayi besar

 Fakta: Menyebabkan bayi besar, tidak mutlak berdasarkan apa yang dimakan oleh si ibu. Faktor keturunan dan bawaan sangat besar juga perananya. Justru minum susu hamil adalah baik, karena mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Apalagi bagi ibu yang makananya tidak cukup gizinya, minum susu hamil penting untuk mencukupi gizi.

  • Bila bentuk perut calon ibu membulat, berarti bayinya perempuan

Fakta: Bentuk perut ibu hamil yang lonjong atau bulat tergantung pada posisi janin dalam kandungan. Melintang, perut akan terlihat melebar. Namun jika posisi janin memanjang, perut akan terlihat tinggi. Bentuk perut ibu hamil juga tergantung pada elastisitas otot dan volume air ketuban. Pada kehamilan pertama, perut akan tampak bulat karena otot perut masih kencang. Namun perut ibu yang pernah hamil beberapa kali, akan tampak turun karena ototnya mulai kendur.

  • Minum air kelapa dapat mempercepat persalinan

Belum ada penelitian yang membuktikan mitos ini, karena lancarnya persalinan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Namun salah satu Manfaat air kelapa bagi ibu hamil adalah untuk menjadikan air ketuban putih dan bersih.

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa hubungan intim menyebabkan keguguran jadi sepanjang itu tidak menyakitkan dan tidak menimbulkan ketidaknyamanan, ibu hamil boleh – boleh saja melakukanya.

  • Leher ibu hamil yang menghitam atau puting yang berwarnah gelap menandakan bayinya laki – laki

 Perubahan warnah leher atau puting tidak ada hubunganya dengan jenis kelamin bayi. Perubahan warnah kulit pada ibu hamil diakibatkan meningkatnya progesteron dan melanost (hormon yang mengatus pigmentasi kulit) karena itu puting susu yang menghitam biasa terjadi pada kehamilan, baik pada ibu hamil yang mengandung bayi laki – laki ataupun perempuan. Selain perubahan warnah kulit dan puting susu. Ibu hamil juga memiliki guratan kehitaman diperut dan garis hitam dari pusar ke bagian pugbis. Namun gejala ini akan hilang setelah melahirkan.

Semoga Info seputar kehamilan kali ini bermanfaat bagi calon ibu, dan ibu yang sedang menjalani masa kehamilan.