Kanker Paru merupakan salah satu jenis kanker yang saat ini perkembangannya cenderung lebih cepat bila dibandingkan dengan jenis-jenis kanker yang lain.

Kanker paru lebih sulit terdeteksi karena menurut penelitian 25 persen kanker paru tidak memiliki gejala saat didiagnosis, namun ditemukan secara kebetulan ketika melakukan CT scan untuk pemeriksaan lain.

Sedangkan beberapa studi lain menemukan bahwa kelangsungan hidup pasien kanker paru sekitar 60-80 persen jika ditemukan dalam stadium 1, tapi keberhasilannya akan turun hingga mencapai 10 persen jika telah memasuki stadium 4.

Karena itu perlu sekali untuk mengetahui gejala awal yang umum terjadi pada pasien kanker paru.

1. Batuk yang menetap
Banyak orang menganggap bahwa batuk yang diderita hanya karena alergi, namun bila berlangsung hingga beberapa minggu itu berarti akibat dari kondisi kesehatan yang lain. Kanker paru juga sering terabaikan bila sebelumnya penderita memiliki riwayat penyakit asma. Disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila batuk terus menerus dan tidak kunjung sembuh bahkan cenderung makin intens dan mengeluarkan darah.

2. Terasa nyeri di bahu, punggung, dada, atau lengan
Kanker paru bisa menyebabkan nyeri di bahu, dada, punggung, atau lengan karena saraf yang tertekan. Jika merasa sakit di salah satu bagian tubuh tersebut namun tidak berkaitan dengan cedera, maka sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter.

3. Sesak nafas
Sesak nafas karena kanker paru berbeda dengan sesak nafas yang diakibatkan oleh faktor usia dan berat badan. Bila tiba-tiba merasa sesak nafas saat beraktifitas, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

4. Kehilangan berat badan
Salah satu gejala yang mudah untuk dirasakan adalah bila berat badan tiba-tiba turun dengan perbandingan angka yang cukup besar.

5. Infeksi berulang seperti bronchitis dan pneumonia
Meski tidak umum, tapi pasien kanker paru kadang harus dirawat berulang akibat bronchitis atau pneumonia. Jika tumor ini terletak di dekat jalan napas, maka bisa menyebabkan kerusakan. Infeksi berulang yang disebabkan karena merokok terus menerus seperti COPD bisa jadi merupakan gejala kanker paru.