Bentuk tubuh yang proporsional dan sehat merupakan dambaan bagi setiap orang. Berbagai macam cara ditempuh untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Olahraga dan menjaga pola makan yang sehat merupakan kuncinya.

Namun bagi sebagian orang justru tidak mendapatkan hasil yang maksimal meskipun mereka telah melakukan diet. Hal tersebut dikarenakan mereka salah melakukan diet dan bahkan terjebak melakukan diet yang tidak sehat yang justru berakibat menurunnya daya tahan tubuh. Berikut beberapa hal yang dapat terjadi bila Anda melakukan diet yang tidak sehat:

1. Keinginan makan yang lebih besar
Diet yang tidak sehat justru akan menimbulkan keinginan makan yang berlebihan. Jika Anda mengurangi asupan kalori secara berlebihan dalam diet Anda dan mengkonsumsi makanan dalam porsi sangat sedikit dengan kandungan gizi yang minim, maka tubuh Anda akan bereaksi untuk memenuhi kekurangan tersebut yang ditandai dengan keinginan untuk makan dalam porsi yang lebih besar.

2. Lelah dan mual
Mengurangi asupan kalori secara berlebihan dalam diet ternyata juga dapat memicu kelelahan dan bahkan dalam kasus tertentu dapat menyebabkan mual. Salah satu contoh diet tak sehat yang dapat memicu ke dua hal tersebut adalah, mengkonsumsi jus saja selama berminggu-minggu tanpa makanan padat sama sekali. Inilah yang dapat memicu beberapa gangguan kesehatan seperti kelelahan, pusing, mual, dan sakit kepala.

3. Kehilangan massa otot
Diet yang tidak dilengkapi dengan asupan protein yang cukup juga dapat mengakibatkan hilangnya massa otot. Bagaimanapun juga, tubuh membutuhkan asupan protein yang cukup setiap hari agar dapat menjalankan fungsinya dengan benar. Selain membantu pembentukan otot, protein juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika Anda tidak mengkonsumsi protein dalam jumlah cukup, maka tubuh dapat “memakan” jaringan ototnya sendiri.

4. Kesehatan mental terganggu
Diet yang tidak sehat juga dapat memicu terjadinya gangguan mental. Seiring tubuh yang tidak mendapatkan cukup kalori dan kekurangan energi, tubuh akan mendapatkan stres yang akhirnya dapat mempengaruhi kondisi psikologis Anda. Banyak orang merasa uring-uringan dan dan mudah tersinggung saat merasa lapar akibat diet yang ekstrim. Bahkan, dalam tingkat yang lebih lanjut dapat menyebabkan depresi yang parah.

5. Berat badan bertambah
Tantangan utama jika Anda terjebak dalam pola diet tak sehat adalah diet ini tidak akan berlangsung lama. Lantas apa yang terjadi jika Anda tidak dapat melanjutkannya? Anda akan melampiaskan kegagalan diet Anda dengan makan sesuka Anda, yang akhirnya akan membuat berat badan Anda kembali naik, dan bisa jadi berat badan Anda bertambah lebih banyak dari berat badan Anda sebelumnya.