Olahraga tidak hanya dapat membuat anda lebih sehat dan bahagia, namun juga dapat memperpanjang usia.

Namun perlu diingat, umur dan hidup manusia tetap berada di tangan Tuhan. Olahraga hanya menambah kemungkinan harapan hidup manusia dari segi medis, sehingga lebih sehat dan memudahkan aktivitas yang memerlukan ketahanan fisik.

Tak perlu melakukan olahraga secara berlebihan atau dalam waktu lama, cukup beberapa menit melakukan aktivitas fisik secara rutin dan Anda akan melihat perbedaannya. Berikut beberapa olahraga yang telah terbukti dapat memperpanjang usia.

1. Mengayuh sepeda dengan cepat
Sebuah studi yang dilakukan pada para pecinta sepeda di Copenhagen, Denmark menemukan bahwa pria yang mengayuh sepedanya dengan cepat hidup lima tahun lebih lama daripada yang bersepeda dengan lambat. Jadi, bila memungkinkan dan ada kesempatan, kayuhlah sepeda Anda dengan cepat.

2. Berenang
Hasil analisa data dari Aerobics Center Longitudinal Study menemukan bahwa mereka yang berenang secara rutin dapat mengurangi resiko kematian mendadak hingga 50 persen lebih kecil dibandingkan yang tidak aktif secara fisik.

3. Naik tangga
Sebuah penelitian yang dilakukan di Swiss menemukan bahwa orang yang mengganti kebiasaannya naik eskalator dengan menapaki tangga, risiko meninggal dalam usia muda berkurang hingga 15 persen. Data dari Harvard Alumni Health Study juga menemukan, menaiki 35 anak tangga atau lebih dalam seminggu, harapan hidupnya secara signifikan lebih lama dibandingkan orang yang hanya naik 10 anak tangga per minggunya.

4. Jalan cepat
Sebuah studi pada tahun 2011 lalu menemukan bahwa orang yang terbiasa berjalan cepat 1 meter/detik, atau sekitar 2,25 mil per jam, hidup lebih lama dibandingkan pejalan kaki yang lamban. Tapi jalan cepat juga harus disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan tubuh. Jangan memaksakan jalan secepat-cepatnya demi untuk panjang umur.

5. Olahraga berintensitas tinggi
Olahraga dengan intensitas tinggi seperti aerobik, berjalan, berlari atau mengayuh sepeda dengan cepat bisa bantu memperpanjang usia lebih lama daripada olahraga intensitas rendah. Lima hari mengikuti program jalan santai selama 30 menit, menambah usia 1,3 sampai 1,5 tahun. Tapi The Washington Post melaporkan, olahraga intensitas tinggi seperti berlari selama setengah jam, lima hari seminggu memperpanjang umur 3,5 sampai 3,7 tahun.