Saat pagi hari sebagian besar orang memiliki rutinitas yang hampir sama seperti mandi dan sarapan. Tapi ada beberapa rutinitas lain yang sebaiknya dilakukan saat pagi hari. Kebanyakan orang merasa tidak semangat dan kaki ketika bangun di pagi hari. Tapi jika mengawali hari dengan melakukan olahraga, meregangkan otot dan meningkatkan detak jantung maka bisa meningkatkan energi dan suasana hati sepanjang hari.

Berikut ini beberapa rutinitas yang baik dilakukan saat pagi hari dan baik untuk tubuh, seperti dikutip dari Livestrong, yaitu:
1. Berjalan-jalan
Berjalan adalah bentuk alami kuno yang bermanfaat terhadap banyak hal, seperti membawa risiko rendah terhadap cedera, peregangan dan kardio untuk gerakan otot yang kuat. Rutinitas pagi ini juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena berjalan merangsang produksi sel T serta antibodi.

Untuk latihan rutin pagi yang seimbang bisa dimulai dengan berjalan ringan di sekitar lingkungan lalu bertahap kecepatannya meningkat selama setidaknya 20-30 menit setiap hari.

2. Yoga di pagi hari
Mulailah dengan fleksibilitas dasar dan pelatihan keseimbangan dengan melakukan yoga beberapa menit. Yoga diketahui sangat efektif menghilangkan stres dan meningkatkan relaksasi serta mengecangkan otot.

Saat pagi hari otot akan terasa kaku karenanya melakukan serangkaian pose yoga bisa menjadi bagian pemanasan dan persiapan tubuh untuk kegiatan yang lebih kuat.

3. Latihan kekuatan
Harvard School of Public Health menuturkan otot yang aktif secara metabolik akan membakar kalori lebih banyak daripada jaringan lemak sehingga membantu mempertahankan massa otot yang membuat tubuh lebih ramping dan mencegah penambahan berat badan.

Rutinitas yang dilakukan di rumah bisa dengan mengangkat dumbel ringan dan peregangan dengan resistance band. Untuk mendapatkan manfaat akrdiovaskular bisa ditambahkan latihan aerobik setiap 5-10 menit.
(sumber: detikhealth)