Menstruasi atau haid adalah periode bulanan yang dialami oleh setiap wanita. Pada saat haid biasanya perut akan terasa kram dan nyeri. Rasa nyeri ini bisa semakin buruk bila Anda salah memilih menu makanan.

Penyebab utama kram menstruasi adalah prostaglandin, yaitu sejenis bahan kimia yang terjadi secara alami dalam tubuh yang mengatur ketegangan otot. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari saat Anda sedang haid:

1. Makanan olahan
Hindari makanan olahan, makanan kaleng, saus, produk olahan keju, MSG, serta makanan kemasan yang mengandung natrium 200 mg atau lebih, karena natrium dan garam akan meningkatkan retensi air dan menyebabkan kembung.

2. Kafein
Hindari produk makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, coklat, soda, dan teh. Kafein dapat menyempitkan pembuluh darah dan membuat dehidrasi tubuh, yang mengakibatkan sakit kepala dan dapat meningkatkan kegelisahan selama periode menstruasi.

3. Gorengan
Makanan tinggi lemak, seperti susu, daging, gorengan, dan minyak dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Perubahan kadar estrogen dapat menyebabkan perubahan rahim yang dramatis, sehingga menimbulkan kram dan rasa sakit.

4. Produk susu
Susu dan produk olahannya mengandung asam arachadonic, yang dapat meningkatkan produksi prostaglandin. Karena prostaglandin dilepaskan ke dalam tubuh, maka rahim merespons sehingga menyebabkan kram atau kejang.