Seiring datangnya musim semi, musim dingin yang muram pun akan berakhir. Berarti sebentar lagi sudah saatnya mengeluarkan bikini dan celana pendek! Tetapi apakah waktu sebulan cukup untuk menyiapkan tubuh dalam bentuk terbaik?

Waktunya cukup, menurut Jim White, seorang pakar diet dan pelatih pribadi Academy of Nutrition and Dietetics. Tapi Anda harus memulainya sekarang.

“Ini saatnya bersikap realistis dan bertindak nyata,” ujar Jim. “Sebulan bukanlah waktu yang cukup untuk menghilangkan semua lemak musim dingin, tapi jangan putus asa, Anda masih bisa menghilangkan 2 kilogram atau menurunkan satu ukuran baju kok.”

Jim White punya aturan dasar untuk mengonsumsi makanan sehat. “Makan yang menyehatkan adalah keharusan jika Anda ingin mengurangi berat badan,” ujarnya. Berikut ini beberap tips dari dia:

Konsumsi makanan yang tidak diproses. “Jika makanan itu sudah dikemas dalam kotak dan memiliki tiga atau lebih bahan dasar, berarti Anda tidak boleh memakannya,” ujar Jim. Fokus kepada sayuran, sedikit protein dan karbohidrat dengan ukuran sedang.

Kurangi penggunaan natrium, karena membuat Anda membengkak.

Hindari gula dalam bentuk apa pun. “Baca label produk dan cari kandungan gula dalam bentuk apa pun,” ujar White. “Biasanya bisa diidentifikasi dengan akhiran ‘ose,’ tapi tidak selalu seperti itu.” White juga memperingatkan penggunaan kalori dan gula yang berada dalam minuman, misalnya jus buah.

Selalu minum air! “Mayoritas asupan cairan Anda seharusnya datang dari air, juga membantu karena mengenyangkan Anda,” ujar Jim. “Ditambah lagi, tubuh Anda membutuhkan cairan yang cukup untuk berfungsi dengan baik.”

Buat jurnal makanan jika merasa sulit mengubah kebiasaan makanan Anda. “Orang-orang yang menulis apa yang mereka makan cenderung berat badannya turun lebih banyak dibandingkan yang tidak,” ujar White.

Tentu saja, diet hanyalah salah satu bagian dari proses penuh. “Makan makanan yang sehat mencegah penambahan berat badan, tapi berolahraga juga cukup membantu Anda mengurangi dan mengencangkan area yang mengganggu itu,” ujar Jim. “Cara terbaik adalah gaya olahraga berkelanjutan yang dikombinasikan dengan melakukan dua atau lebih gerakan penguatan tanpa istirahat, disusul dengan interval kardio berintensitas tinggi. Lalu ulangi lagi.”

Idealnya, ujar White, Anda melakukan ini 30-60 menit, 3-4 kali sepekan. “Kombinasikan dengan 20-45 menit kardio enam hari sepekan, dan Anda bisa mendapatkan tubuh indah dalam waktu cepat!”

source