Bila Anda sibuk namun perut Anda “berteriak” karena lapar, sebaiknya jangan menunda untuk makan karena konsentrasi kerja Anda juga membutuhkan energi agar bisa berjalan dengan lancar. Cobalah lima makanan di bawah ini yang selain dapat menambah energi, juga rendah kalori sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang berdiet.

1. Pisang
Pisang mengandung gula alami, yaitu glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang dapat menambah energi Anda. Selain itu, di dalam pisang juga terdapat serat yang akan membantu mempertahankan kadar glukosa dalam darah.

2. Stroberi
Di dalam stroberi mengandung vitamin C, mangan, dan serat. Satu porsi stroberi yang berisi sekitar delapan buah stroberi berukuran sedang, memiliki kandungan serat tinggi dan sumber vitamin C yang sangat baik. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung antioksidan yang membantu memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, dan melawan radikal bebas. Stroberi juga memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga cocok untuk Anda yang menjalankan gaya hidup sehat.

3. Keju berusia lama
Tidak seperti keju umumya yang memiliki tekstur lembut, keju berusia tua mengandung kadar asam amino tiramine tinggi yang berfungsi untuk mendorong sekresi hormon stimulan dalam tubuh. Jadi jika Anda membutuhkan energi dan semangat baru, cobalah untuk mengonsumsi sepotong keju Parmesan, Stilton, atau keju betekstur keras lainnya. Namun, meski baik bagi tubuh, jangan mengonsumsinya terlalu banyak.

4. Teh Ginseng
Ginseng telah dikenal sejak dulu sebagai anti oksidan dan penambah energi. Jika sulit menemukan ginseng kering atau segar di pasaran, cobalah mendapatkannya dari secangkir teh ginseng. Kehangatan yang diciptakan minuman ini memiliki efek menenangkan pada saraf, sekaligus memberikan Anda energi untuk melanjutkan tugas selanjutnya.

5. Whetgrass
Mungkin Anda merasa asing dengan nama makanan yang satu ini. Wheatgrass adalah sejenis rumput yang mengandung banyak nutrisi. Selain dapat menambah energi, di dalam Wheatgrass juga mengandung klorofil, mineral, vitamin A, B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K, serta protein dan 17 asam amino yang mudah diserap dalam darah. Umumnya Wheatgrass tersedia dalam bentuk jus.