Hampir setiap kita pasti pernah merasakan emosi yang tiba-tiba naik karena faktor tekanan pekerjaan, kesehatan, atau faktor yang lainnya. Beberaopa orang bahkan harus membutuhkan bantuan psikiater untuk dapat mengontrol emosinya.

Beberapa makanan diketahui dapat membantu untuk meredam emosi. Makanan ini mungkin tak dapat membuat Anda langsung tenang, namun efeknya berjalan merambat membekukan api emosi di dalam diri Anda. Berikut beberapa diantaranya:

1. Semangka
Semangka yang mempunyai sifat dingin dan menyegarkan dapat membantu Anda merasa lebih nyaman dan rileks. Selain kaya akan vitamin C dan anti oksidan, semangka segar dapat menjadi pilihan makanan pemadam emosi Anda.

2. Agar-agar
Agar-agar yang murni dari bahan alami hasil laut ini mungkin akan terasa sedikit membosankan, makanan yang kaya akan vitamin E dan serat ini merupakan salah satu makanan hebat peredam emosi Anda.

3. Selasih
Bahan makanan ini biasanya dipakai sebagai tambahan dalam minuman es buah atau sirup. Bentuknya yang kecil-kecil seperti telur katak ini, mampu memberikan efek nyaman, segar dan dingin pada Anda. Bahkan jaman dahulu, nenek moyang kita memanfaatkannya untuk mereka yang menderita sakit tenggorokan.

4. Cincau
Bahan tambahan dalam minuman segar ini berwarna hitam dan berasal dari daun-daunan merambat. Cincau juga kaya akan serat yang dapat memperlancar pencernaan Anda. Selain itu, cincau juga diketahui dapat menjaga keseimbangan emosi Anda. Tapi hati-hati dalam memilih cincau, karena beberapa cincau yang dijual di pasaran memiliki kandungan pewarna yang tinggi, yang pastinya berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

5. Aloe Vera atau lidah buaya
Lidah buaya dapat dijadikan campuran es buah. Tak hanya kandungan vitamin E-nya saja yang baik untuk kulit Anda, tetapi sifat dingin dari lidah buaya dapat membantu meredakan emosi dan membuat Anda merasa lebih nyaman.