Bahaya tidur berlebihan – setiap orang itu membutuhkan tidur, tidur itu adalah proses istirahat dengan memejamkan mata untuk mengembalikan stamina Anda dan proses metabolisme. Setiap manusia itu memerlukan tidur untuk  memulihkan tubuh yang sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak hanya manusia saja, hewan pun memerlukan tidur.

Tidur yang baikan adalah waktu malam hari, tetapi untuk siang hari juga dissarankan untuk tidur jika ada waktu yang luang untuk melakukan tidur. Tidur itu setiap umur berbeda kadar waktunya. Untuk bayi sekitar 18 jam, anak-anak sekitar 11 jam, remaja 9-10 jam dan dewasa 7-8 jam. Waktu tersebut itu sudah ideal sesuai dengan umur dan kebutuhan kesehatan. Mengapa untuk bayi dan anak-anak lebih banyak waktu untuk tidur, karena bayi dan anak-anak itu memperlukan waktu untuk pertumbuhan jadinya waktu tidur itu untuk masa pertumbuhan.

Kutipan diatas itu manfaat dari tidur, tetapi tidur itu  juga sangat berbahaya. Orang yang tidur terlalu berlebihan bisa berakibat fatal dan memungkinkan menjadi penyakit. Disini beberapa penyakit yang mungkin akan berakibat jika Anda tidur berlebihan:

  1. Sakit kepala.
    Tidur terlalu lama memengaruhi neurotransmitter tertentu di otak, seperti serotinin. Akibatnya, seseorang yang tidur berlebihan akan mengalami sakit kepala karena tidak seimbangnya zat kimia otak.
  2. Lesu dan mengantuk.
    Berlebihan dalam tidur justru akan membuat badan tidak fit. Selain itu, pikiran menjadi grogi saat bangun dan menimbulkan kantung mata.
  3. Resiko kematian.
    Banyak studi mengatakan orang yang terbiasa tidur lebih dari 9 jam setiap malam meningkatkan risiko kematian dibanding yang tidur 7-8 jam.
  4. Diabetes.
    Sebuah studi menyebutkan, orang yang tidur malam lebih dari 9 jam setiap hari, 50 persen lebih tinggi untuk mengalami diabetes dibanding mereka yang tidur tujuh jam di waktu malam.
  5. Sakit jantung.
    Dalam studi terhadap 72 ribu wanita ditemukan, mereka yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam berisiko 38 persen lebih tinggi untuk mendapatkan penyakit jantung koroner dibanding yang tidur maksimal 8 jam.
  6. Obesitas.
    Orang yang tidur 9-10 jam setiap malam, 21 persen lebih mungkin mengalami obesitas. Jika tidur berlebihan itu dilakukan dengan rutin, obesitas bisa terjadi dalam jangka enam tahun sekali pun sudah mengatur cara makan atau berolahraga. Demikian menurut sebuah studi.
  7. Sakit punggung.
    Tidur berlebihan membuat punggung mengalami tekanan terlalu besar sehingga menyebabkan sakit punggung.
  8. Depresi.
    Sama seperti orang kekurangan tidur, kelebihan juga menyebabkan depresi dalam jangka panjang.

Ternyata tidur berlebihan itu juga berbahaya buat kesehatan. Kurang tidur jga sangat berbahaya juga. Untuk itu Anda harus bisa mengatur pola tidur Anda supaya tidak terjadi penyakit dan ganguan pada tubuh anda. Tidur itu juga termasuk diet yang sangat bagus . Mulai sekarang cintai kesehatan Anda.
sumber: