Khasiat Bawang PutihBawang putih adalah jenis tumbuhan herbal, tumbuhan yang termasuk dalam family Liliaceae sama dengan bawang merah. Tumbuhan ini tumbuh semusim yang tumbuh pada musim penghujan dan membutuhkan banyak air. tumbuhan ini dapat dikembangbiakkan melalui umbinya.

Bawang putih  berasal dari Kirgiz, daerah padang pasir Siberia. Pujangga Cina 3000 tahun sebelum Masehi, bawang putih mempunyai sejarah panjang dalam penggunaannya sebagai obat. Aristoteles melakukan uji coba  bawang putih pada tahun 335 Sebelum Mesehi untuk mutu pengobatan. Pada abad pertengahan, bawang putih telah dipikirkan sebagai pengobatan terhadap orang bertekanan darah tinggi, kehilangan nafsu makan, orang dengan masalah paru, gigitan ular, batuk rejan, dan kebotakan. Pendeta Prancis abad ke-17 makan bawang putih dalam jumlah besar untuk melawan wabah sampar, dan dilaporkan mereka bertahan hidup lebih lama daripada pendeta Inggris. Selama kedua perang dunia, tentara Rusia dan Jerman makan bawang putih sebagai pengobatan di medan pertempuran.

Tanaman yang biasa dijadikan bahan dalam berbagai pengobatan tradisional ini diketahui lebih dari 100 bahan kimia biologis yang bermanfaat. Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur dan antioksidan.

Bawang putih bisanya dipakai untuk bumbu masak di dapur,selain untuk bumbu masakan kegunaannya sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia oleh sebab itu bawang putih merupakan makanan serba guna sarat dengan nutrien, vitamin, minerah dan bersifat antikoksidan.

Berikuti beberapa manfaat dari bawang putih:

  1. Mengonsumsi 600 mg bawang putih setiap hari akan menurunkan kadar kolesterol secara drastis.
  2. Kandungan minyak atsiri yang sering digunakan untuk obat herbal
  3. Kandungan zat kalium, zink dan sulfur terbukti menyembuhkan penyakit kencing manis. 
  4. Bawang putih mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan pelepasan insulin pada penderita diabetes.
  5. Bawang putih yang mengandungi vitamin C adalah baik dan berupaya untuk merawat masalah ulser.
  6. Bawang putih meningkatkan penyerapan vitamin B dan zat kiprum yang diperlukan untuk asimilasi zat besi dan cocok untuk penderita anemia.
  7. Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan anestesi sehingga dapat membantu menyembuhkan sakit gigi.
Dari kesimpulan diatas banyak sekali manfaat yang terdapat pada bawang putih, maka dari sekarang mari kita mengkonsumsi bawang putih minimal dua siung sehari untuk menjaga kondisi tubuh kita,selain itu kita tidak dapat terserang penyakit.