Tahukah Anda bahwa Susu unta memiliki manfaat kesehatan yang banyak? Banyak ilmuwan dan peneliti terkemuka dari berbagai negara telah membuktikan bahwa susu unta sangat bergizi dan aman untuk dikonsumsi. Artikel berikut ini akan mencoba membahas apa saja manfaat dari meminum susu unta.
Pertama-tama, kita berbicara tentang kandungan dari susu unta. Susu unta memiliki kandungan dan komposisi hampir mirip dengan ASI(Air Susu Ibu). Susu unta mengandung protein, vitamin A, B dan B2, C serta mineral-mineral yang penting, seperti potasium, seng, mangan, tembaga, magnesium, natrium, dan besi. Kandungan natrium membuat rasa susu unta sedikit asin. Dan bila dibandingkan dengan susu sapi, kandungan laktosa dan lemak susu unta jauh lebih rendah. Susu unta mempunyai vitamin C dan besi lebih banyak daripada susu sapi. Susu unta juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda, asam linoleat dan asam volatile. Susu unta juga mengandung unsur antimikroba tertentu, yang bermanfaat bagi tubuh.
Berbagai kandungan gizi yang ada di susu unta dapat meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh. Apalagi untuk penderita osteoporosis dan kekurangan kalsium. Susu unta juga dapat memecahkan masalah seksual, seperti impotensi, kurangnya libido. Susu unta juga aman bagi orang yang Intoleransi laktosa. Jadi, secara umum susu unta sangat baik untuk kesehatan dan menjaga Anda tetap fit dan energik.

Susu unta mengandung antibodi dan immunoglobulin, sehingga membuat tubuh tahan terhadap berbagai penyakit dan radikal bebas. Minumlah susu unta secara teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Fungsi dasar dari imunoglobulin adalah untuk melindungi tubuh terhadap gangguan autoimun, alergi dan beberapa jenis infeksi bakteri, jamur dan virus. 
Minum susu unta dapat membantu dalam mengendalikan diabetes tipe 1. Dari studi kasus dan uji klinis yang dilakukan oleh para ilmuwan, ditemukan bahwa susu unta mengandung insulin dan protein seperti insulin yang memiliki efek anti diabetes dalam tubuh. Penelitian tersebut menyatakan, “Uji klinis pada manusia dengan diabetes tipe 1 menunjukkan bahwa konsumsi harian setengah liter susu unta mengurangi kebutuhan obat insulin rata-rata 30%.” Dengan demikian, konsumsi susu unta mungkin dapat mengurangi dosis insulin yang diperlukan untuk pasien diabetes.
Susu unta juga bermanfaat untuk Autisme. Tesis penelitian Dr. Yosef Shabo dan Dr. Reuven Yagil menjelaskan bahwa, susu unta yang tanpa beta-kasein dan beta-laktoglobulin, tidak merugikan orang autis. Selanjutnya, imunoglobulin dan protein protektif yang terdapat pada susu unta, membantu perkembangan otak. Mereka melakukan survei mengenai efek dari susu unta ini pada anak-anak autis dari kelompok usia yang berbeda. Hasil dari studi kasus ini membuktikan bahwa susu unta sebenarnya menunjukkan perbaikan dalam keterampilan komunikasi dan fungsi otak.
Jadi bagaimana, Anda sudah tahu kan, bahwa susu unta sangat bermanfaat sekali bagi tubuh. Susu unta memang jarang ditemukan di Indonesia, tidak seperti di negara-negara Arab sana. Di Amerika Serikat sendiri sudah dibentuk pertenakan unta untuk memenuhi permintaan akan susu unta.