Diabetes adalah penyakit dimana produksi hormon insulin tidak cukup, sehingga tubuh tidak mampu mengubah pati, nutrisi penting dan gula ke dalam bentuk energi. Menjaga pola makan menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengendalikan diabetes. Kita harus mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula, kolesterol dan lemak yang tinggi.
 

Menjaga pola makan bukan berarti kita harus kehilangan nutrisi yang penting, karena tubuh kita tetap memerlukan nutrisi yang penting dalam jumlah yang cukup. Itulah mengapa makanan-makanan yang dikonsumsi harus memasok semua zat gizi yang ada. Salah satu sumber nutrisi yang penting adalah buah. Namun, tidak semua buah bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.
Memang ada beberapa buah-buahan yang memiliki kadar gula yang tinggi dan ini tidak baik bagi penderita diabetes, Tapi bukan berarti kita berhenti mengkonsumsi buah-buahan. Karena buah-buahan merupakan sumber vitamin, mineral dan protein yang sangat baik. Dan ada buah yang memiliki kadar gula yang tidak banyak. Buah-buahan juga memiliki kadar serat yang tinggi yang harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas oleh orang-orang diabetes. Berikut ini Buah-buahan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes:
  1. Semangka
  2. Stroberi
  3. Pir
  4. Plum
  5. Pepaya
  6. Apel
  7. Jambu
  8. Delima
  9. Aprikot
  10. Kiwi
  11. Lemon
  12. Orange
  13. Ceri
  14. Alpukat
  15. Blueberry
Diatas adalah beberapa buah yang bisa dimakan oleh penderita diabetes. Tetapi, ada beberapa buah yang perlu dihindari. Yaitu, Buah yang mengandung gula dan lemak dalam kadar yang tinggi, Contohnya pisang, mangga, anggur, custard apel dan persik. Jangan mengkonsumsi jus buah, karena tidak mengandung serat yang cukup. Selain itu, buah kalengan juga harus dihindari.