Jika anda menganggap serius dalam berkerja atau menyelesaikan pekerjaan itu berarti tak boleh tertawa, tak boleh berbicara, tak boleh berisik atau tak boleh melontarkan humor..atau bagi mereka yang menganggap hidup harus dijalani dengan serius dan jika tertawa berarti tidak serius. ?? Itu anggapan yang AMAT SALAH! berarti anda tak tahu manfaat yang hebat dari humor dan tawa bagi kesehatan fisik maupun mental.

Humor itu menular. Suara tawa yang membahana lebih menular daripada caci maki, muka sok jaim dari teman kerja, petunjuk yang sok serius dari seorang yang merasa dirinya boss atau punya jabatan, tawa juga lebih menular dari batuk atau bersin. Sebab setelah tawa lepas, ia mengikat orang bersama-sama dan meningkatkan kebahagiaan dan keintiman. Selain efek domino dari kegembiraan dan hiburan. Selain itu tawa juga memicu perubahan fisik yang sehat dalam tubuh.

Humor dan tawa memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi, mengurangi rasa sakit, dan melindungi kita dari efek merusak dari stres. Selain itu, humor adalah obat yang tak ternilai harganya, menyenangkan, gratis, dan mudah dilakukan.

1. Tertawa adalah obat kuat berkhasiat bagi pikiran dan tubuh.
Tertawa adalah obat penawar untuk stres, nyeri, dan konflik. Tidak ada hal lain yang bekerja lebih cepat membawa pikiran dan tubuh ke dalam keseimbangan selain tertawa. Humor meringankan beban, mengilhami harapan, dan menghubungkan diri dengan orang lain.

Dengan begitu banyak potensi untuk menyembuhkan dan membaharui, kemampuan tertawa dengan mudah dan sering merupakan sumber daya yang luar biasa untuk memecahkan masalah, meningkatkan hubungan, dan mendukung kesehatan fisik dan emosional.

2. Tawa dan humor membantu kita tetap sehat secara emosional.
Tertawa membuat kita merasa baik. Dan perasaan yang baik yang kita dapatkan saat tertawa tetap berlangsung bahkan setelah tawa reda. Humor membantu kita mempertahankan pandangan positif, optimis melalui situasi sulit, kekecewaan, maupun kehilangan.

Lebih dari sekedar istirahat dari kesedihan dan rasa sakit, tawa memberi kita keberanian dan kekuatan untuk menemukan sumber baru makna dan harapan. Bahkan pada masa-masa yang paling sulit sekalipun, tertawa atau bahkan senyum dapat membuat kita merasa lebih baik.

3. Manfaat sosial humor dan tawa.
Humor memperkuat hubungan komunikasi kita dengan memicu perasaan positif dan mendorong hubungan emosional. Ketika kita tertawa satu sama lain, ikatan positif terbentuk. Hal ini dapat berperan sebagai penyangga yang kuat terhadap stres, ketidaksepakatan, dan kekecewaan.

Tertawa dengan orang lain lebih berkhasiat daripada tertawa sendiri. Tertawa bersama adalah salah satu alat yang paling efektif untuk menjaga hubungan tetap segar dan menarik. Seluruh ikatan emosional berfungsi membangun hubungan yang kuat dan bertahan lama, namun berbagi tawa menambahkan sukacita, vitalitas, dan ketahanan.

Humor adalah cara yang ampuh dan efektif untuk menyembuhkan kebencian, perselisihan, dan menyakitkan. Tawa menyatukan orang selama masa-masa sulit. Menggunakan humor dan tawa dalam hubungan memungkinkan kita menjadi lebih spontan, membantu dengan ikhlas melupakan penilaian, kritik, dan keraguan.

Namun jika humor dan tawa dilakukan hanya untuk sekedar basa basi atau mencari perhatian semata maka tetap tak akan menghasilkan suatu hal yang positif bagi ikatan sosial maupun kenyamanan dalam bekerja.

4. Bawalah humor dan tawa yang lebih banyak ke dalam kehidupan.
Tertawa adalah hak asasi setiap orang, dan merupakan bagian alami dari kehidupan. Bayi mulai tersenyum selama minggu-minggu pertama kehidupan dan tertawa keras setelah berusia beberapa bulan. Bahkan jika kita tidak tumbuh dalam sebuah rumah tangga dimana tawa adalah bagian yang paling digemari, kita tetap dapat belajar untuk tertawa pada setiap tahap kehidupan.

Mulailah dengan menyisihkan waktu khusus untuk mencari atau menikmati humor dan tawa. Pada akhirnya, semua hal baik akan turut berjalan secara alami. Sebab tertawa membuat suasana hati kita gembira, jika gembira maka kita bisa berpikir lebih kreatif dan merasa nyaman sekaligus bisa jauh dari penyakit.